Yuk Kenali Dampak Makananan Pemicu Radang

Feb 03, 2020

Moms Radang adalah masalah yang memicu timbulnya bejibun masalah kesehatan.

Nah Apa sih sebenarnya radang ini?

Sebenarnya radang adalah respon imun atau daya tahan tubuh kita pada kuman atau benda asing penyebab luka dan penyakit. Jadi radang ini akan memicu proses penyembuhan terjadi.

Tetapi akan jadi masalah kalau radang ini terjadi secara terus-menerus. Tentunya akan ada saatnya tubuh kita "aus/rusak" lebih cepat, karena proses penyembuhan yang tidak pernah berhenti. Akhirnya akan terjadi penuaan dini, penyakit degeneratif hingga masalah kesuburan Moms.

Dan radang ini tidak hanya bisa dipicu oleh kuman atau perlukaan saja, tapi juga ada banyak makanan yang bisa memicu proses peradangan dalam tubuh kita. Dan parahnya makanan ini sangat sering kita konsumsi.

Apa Saja Sih Makanan yang Dapat Memicu Radang?

­čŹéMakanan Tinggi Gula
Tubuh kita memang butuh gula, tetapi terlalu banyak menambahkan gula akan berdampak buruk pada kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan diet tinggi gula dapat memicu masalah kesuburan, resiko infeksi, diabetes, penyakit jantung, berat badan berlebih hingga menurunkan keberhasilan "Program Bayi Tabung" atau IVF.

Sebisa mungkin konsumsi gula pasir, ganti dengan pemanis yang lebih aman seperti madu, kurma, maple sirup, stevia ataupun gula aren/ kelapa.

­čŹéMakanan Cepat Saji/ Makanan Olahan Kemasan
Yang termasuk makanan ini adalah kalengan, olahan pabrikan hingga restoran fast food. Karena kebanyakan makanan tersebut tinggi garam, lemak, minyak, gula, pengawet hingga penguat rasa sintetis yang semua itu pasti memicu peradangan.

Jadi pastikan kita melihat label komposisi makanan olahan yang kita konsumsi ya Moms. Sebisa mungkin buat olahan makanan sendiri di rumah atau pilihlah makanan minim olahan seperti sayur dan buah.

­čŹéMakanan Tinggi Lemak Jenuh
Makanan tinggi lemak jenuh seperti makanan yang digoreng dapat memicu peradangan dan telah terbukti dapat menurunkan kesuburan wanita nih Moms.

Pilihlah makanan tinggi lemak tak jenuh seperti ikan, alpukat, kacang-kacangan seperti almond, pistachio, walnuts dan hazelnuts. Makanan dengan lemak sehat ini justru akan meredakan peradangan dan meningkatkan kesuburan.

­čŹéMakanan Non Organik & Rekayasa Genetik (GMO)
Makanan yang diberikan pestisida dan yang ditanam dari hasil rekayasa genetik selama proses penanamannya dapat masuk ke tubuh kita dan memicu peradangan seperti dapat menurunkan kualitas sel jantan dan memicu endometriosis.

Nah Moms jika kita sudah terlanjur dan sering memakan makanan tersebut. Yuk mulai kita kurangi agar kita lebih sehat dan yuk kita detox tubuh kita agar fungsi seluruh tubuh kita dapat diatur ulang. Racunpun segera keluar dari tubuh kita. Cara detox bisa lihat postingan sebelumnya ya Moms ­čśë

Yuk hidup sehat Moms

Love,
Zupermom team