Yuk Kenali Beberapa Tips Mudah Mengatasi Nyeri Persalinan

Jan 30, 2020

Moms kalau kita bicara tentang persalinan apa coba yang terlintas dipikiran kita? Pasti rasa nyeri ya yang pertama kita pikirkan.

Nyeri persalinan memang khas Moms, baik durasi maupun intensitasnya pun juga berbeda-beda. Belum lagi ambang nyeri atau batas seseorang mampu menahan nyeri itu sangat subjektif. Jadi ada kan orang yang selow saat melahirkan tapi ada juga yang teriak-teriak saking sakitnya.

Nah nyeri persalinan juga kadang akan menjadi salah satu penyebab trauma persalinan Moms. Terlebih jika kita tidak mendapatkan respon atau bantuan yang memadahi atau tidak sesuai harapan kita.

Nah kali ini zupermom ingin menyampaikan beberapa tips yang mungkin bisa kita gunakan saat persalinan nanti. Apa saja itu?

🌿Kompres hangat

Kompres hangat bisa kita lakukan dengan kantong kompres khusus, menggunakan botol air panas yang telah dilapisi handuk, hingga handuk yang telah direndam air hangat. Kompres ini akan meredakan ketegangan otot, memberikan perasaan nyaman dan rileks yang membuat kita lebih bisa beradaptasi dengan nyeri Moms.

Terlebih saat kompres dengan handuk yang diletakkan antara punggung bawah hingga otot jalan lahir akan membuat kita lebih rileks saat kepala mulai keluar, hingga dapat mengurangi resiko robekan jalan lahir Moms.

🌿 Teknik Nafas Dalam

Nafas dalam dan mengatur iramanya akan membuat kita lebih rileks dan menjaga enegri kita Moms. Pastikan saat kontraksi datang kita atur nafas kita dengan menarik nafas dari hidung dan mengeluarkan dari mulut secara perlahan. Konsentrasi lebih pada mengatur nafas daripada nyeri yang kita rasakan akan membuat kita lebih nyaman Moms.

🌿Gerakan

Menggerakkan tubuh kita dapat membuat kita lebih nyaman Moms. Bahkan penelitian menunjukan berjalan, ataupun posisi berdiri dengan memeluk pasangan atau tempat tidur dapat mempercepat pembukaan. Bersandar pada gym ball ataupun duduk diatas gym ball sambil menggerakan panggul juga akan membuatbkita jauh lebih nyaman dan mempercepat turunnya kepala bayi.

🌿Pijatan

Pijatan adalah pereda nyeri ternyaman Moms. Karena dengan pijatan perlahan namun mantap pada punggung bawah (tulang ekor), panggul, hingga bahu akan mbuat kita lebih rileks dan akan membantu tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang membuat kita merasa bahagia dan nyaman.

🌿 Aromaterapi/Essential Oil.

Aromaterapi atau essential oil tidak akan mengurangi nyeri secara langsung tapi dapat membuat kita merasa lebih nyaman dan rileks sehingga nyeri tersebut dapat kita tahan Moms. Kita dapat menggabungkan essential oil dengan pijatan yang akan membuat kita lebih rileks pada otot.

Aromaterapi dapat kita uapkan langsung dengan diffuser ataupun kita teteskan pada handuk basah saat mengompres. Essential oil dan aromaterapi yang sering digunakan antara lain adalah lavender oil.

Nah Moms itu tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menurunkan nyeri persalinan dan membuat kita merasa nyaman selama proses persalinan Moms. Kalau Mommy mau pilih yang mana nih?😉

Love,
Zupermom team