Yuk Cegah Diabetes saat Hamil

Jan 08, 2020

Pernahkah saat hamil kita di tes gula darah Moms? Eits itu bukan sekedar formalitas ya Moms sayang, itu adalah investasi kita untuk memastikan kehamilan kita aman untuk bayi dan ibunya.
.
❓Tapi kan saya tidak ada riwayat kencing manis?
.
Eits jangan PD dulu ya Moms soalnya penyebab pasti diabetes gestasional atau naiknya gula darah saat hamil hingga kini masih belum pasti lho. Jadi tetap kita beresiko untuk mengalaminya. Terlebih jika BB kita termasuk obesitas, kita pernah melahirkan anak yang BB nya diatas 4 kg dan juga kita punya riwayat keluarga yang mengalami diabetes, maka pastikan kita cek gula darah kita saat hamil Moms.
.
❓Tapi saya nggak merasakan gejala yang aneh selama hamil?
.
Nah Moms masalah nya tidak ada gejala spesifik lho yang akan kita rasakan saat kita mengalami diabetes ini. Hanya terkadang kita bisa merasa sangat haus, lelah,sering buang air kecil hingga pandangan mata kabur. Jadi pastikan minimal 1x dalam kehamilan kita cek gula darah kita ya Moms. Karena paling sering terjadi kita tahu mengidap diabetes gestasional ini saat hasil tes keluar.
.
❓Memang apa sih bahayanya?
.
Mimin mau tarik napas dulu nih Moms, soalnya bahaya diabetes ini tidak bisa kita anggap remeh. Bayi kita akan beresiko mengalami pertumbuhan berlebih dalam kandungan dan ini tidak normal Moms karena bayi kita akan lebih berpotensi untuk obesitas dan memiliki resiko terkena diabetes. Selain itu bisa bayangin nggak kalau bayi lebih dari 4,5kg lahir lewat proses normal? Kan resiko jalan lahir robek, syaraf fan otot luka hingga perdarahan akan makin tinggi nih Moms.
.
Selain itu bayi kita beresiko lahir prematur, bisa meninggal saat dilahirkan hingga bayi kita bisa kekurangan gula darah sesaat setelah lahir yang akan menghambat pertumbuhan otaknya. Moms kira-kira gimana nih dampaknya? Perlu kita perhatikan nggak? Kalau Mimin sih iya, karena mencegah dan mengetahui lebih awal akan membuat kita lebih mampu mencegah hal terburuknya.
.
❓Lalu apa yang Bisa kita lakukan?
.
🌿Atur pola makan saat hamil Moms
.
Hamil bukan berarti makan untuk 2 orang dengan 2 porsi besar sekali makan. Kita harus bijak memilih karbo atau sumber energi Moms. Sebisa mungkin pilih yang kompleks yang akan membuat gula darah kita relatif stabil. Makan nasi sih boleh tapi pastikan porsinya tidak berlebih. Tambahkan sumber energi dari buah dan sayur seperti pisang, kurma, apel dan juga protein kita bisa juga lho pilih makanan dengan kadar glikemik index rendah alias makanan dengan gula kompleks seperti kurma, kismis, almond, pistachio, kacang arab, jagung dan oat.
.
Hindari gula ya Moms. Boleh kita makan makanan manis tapi jangan berlebih, namun jika kita sudah mempunyai diabetes maka lebih baik buang jauh-jauh makan makanan yang mengandung gula. Pilihlah makanan pengganti gula yang sehat seperti kurma, madu dan stevia
.
Lebih baik sih kalau Mimin bilang makannya dalam porsi kecil aja Moms tapi sering. Jadi gula darah kita akan terus terkontrol.
.
🌿Pastikan tetap aktif
.
Nah Moms olahraga itu penting lho untuk ibu hamil agar lebih sehat dan pusat pengatur hormon insulin akan lebih baik kerjanya. Nggak perlu berat kok Moms, jalan kaki atau berenang ataupun senam hamil sudah bisa kok bikin kita tetap sehat. O iya Moms bisa juga kita tetap aktif dengan melakukan aktivitas pekerjaan rumah asal jangan angkat berat dan naik turun tangga ya Moms 😅.
.
Mudah kan Moms😉 yuk jaga kesehatan kita dan baby karena sehat adalah investasi masa depan.
.
.
Love,
Zupermom team