Waspadai Hal Ini Ketika Gatal Saat Hami

Jan 31, 2020

Moms gatal saat hamil memang terkadang bukan masalah yang serius dan dapat membahayakan kita dan janin. Tetapi tidak semua gatal saat hamil bisa dianggap remeh lho Moms.

Umumnya gatal terjadi saat perut kita mulai membesar atau lebih kita kenal dengan stretch marks. Namun ketika gatal kita tidak terjadi akibat perut yang membesar hal ini patut kita perhatikan Moms. Karena ada gatal yang diakibatkan oleh tersumbatnya saluran empedu, sehingga cairan empedu menumpuk pada tubuh kita dan ini tidak bisa kita sepelekan Moms.

Ketika cairan empedu tersumbat oleh kehamilan hal ini disebut dengan Obstretic Cholestasis.

🌿Apa saja gejala Obstetrics Cholestasis?

Tanda yang paling umum adalah gatal Moms. Terutama gatal pada telapak tangan dan kaki. Gatal ini juga akan bertambah saat malam hari, sehingga akan menyulitkan ibu hamil untuk tidur.

Selain itu terkadang ibu hamil juga dapat mengalami kuning pada kulit, mata dan juga BAB lebih gelap. Nah jika kita mengalami hal ini pastikan kita segera periksa ke dokter atau bidan ya Moms!

🌿Apa Dampak dari penyakit ini?

Hasil penelitian menunjukkan kalau ibu hamil yang mengalami Cholestasis akan beresiko melahirkan prematur. Selain itu bayi akan beresiko stress di dalam kandungan sehingga dapat membuat ia BAB (mengeluarkan meconium) di kandungan dan akan memicu masalah pernapasan yang serius pada bayi.
.
🌿 Apa yang harus dilakukan jika kita mengalami hal ini?

Periksa ke dokter Moms, kemudian dokter akan memeriksa darah kita untuk melihat kadar bilirubin atau cairan empedu dalam darah kita. Dan juga akan melihat fungsi hati kita. Jika dinilai kadarnya terlalu tinggi dan dapat membahayakan janin kita, maka dokter akan memutuskan untuk melahirkan bayi kita. Dengan begitu sumbatan akan hilang dan gatal hilang dengan sendirinya.
.
🌿Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi keparahan ketika mengalaminya?
.
Meskipun keluhan tidak akan bisa hilang dengan 100% tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kenyamanan kita alias mengurangi gatal dan menjaga kadar bilirubin dan fungsi hati lebih baik hingga waktunya persalinan.

Apa saja?
💓Diet seimbang: makanan harus kita jaga agar tidak membebani fungsi hati kita terlalu berat.

Sangat dianjurkan untuk menghindari makanan berlemak jenuh, gorengan, makanan manis terutama tinggi gula pasir, produk susu, aneka olahan tepung terutama terigu dan daging olahan. Karena semua itu akan menambah beban kerja hati kita dan akan memperburuk keadaan.

Kita dianjurkan untuk banyak makan sayur dan buah segar serta protein seperti kacang-kacangan dan ikan laut. Kalau mau minum susu kita bisa pilih susu seperti almond milk, pistachio atau walnuts milk.

💓Perbanyak Air Putih: air putih akan membantu kita untuk membersihkan hati

💓Jangan lupakan Resistant Starch: Serat ini bagus karena dapat membantu mengikat racun dan mengeluarkannya. Kita bisa dapat dari biji kurma (nabeez kurma sebijinya ya), biji semangka (dimakan langsung jangan dibuang), oat hingga polong-polongan seperti kacang arab.

💓 Pakai pakaian yang longgar: karena gerah akan membuat gatal semakin berat

💓Jangan lupa istirahat

Nah Moms gatal tidak selalu bisa kita sepelekan ya. Yuk mulai kita lihat gejala lainnya ketika gatal melanda kita 😉

Love,
Zupermom team