Tips Puasa Bebas Lemas dengan Anemia

Feb 11, 2020

Siapa yang sering kali pusing atau berkunang-kunang nih Moms?
Mungkin saja kita anemia, karena anemia atau kurangnya sel darah merah akan membuat kita pusing, lemas dan lesu karena kekurangan oksigen.

Nah saat puasa sering kali menjadi ancaman tersendiri untuk kita yang punya anemia. Karena jika oksigen kurang ditambah gula darah berkurang akan dengan mudah membuat kita pusing bahkan pingsan.

Tapi sebenarnya orang dengan anemia aman banget lho Moms berpuasa di bulan Ramadhan ini. Asal yang kita makan selama berbuka hingga sahur kita perhatikan.

Apa saja yang harus kita makan untuk mencegah anemia?

🌿Sumber Zat Besi
Ini zat gizi penting yang harus kita konsumsi untuk mencegah anemia. Karena bahan baku membuat sel darah merah ya zat besi ini Moms. Untuk ibu hamil yang rentan anemia juga wajib ya memasukkan sumber zat besi dalam diet harian kita. Kita bisa menambahkan daging, ikan, kacang-kacangan, sayur hijau ataupun kurma.

🌿Sumber Vitamin C
Vitamin C akan sangan membantu penyerapan zat besi oleh tubuh Moms. Karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sumber zat besi bersamaan dengan vitamin C. Agar zat besi bisa terserap sempurna. Kita bisa menambahkan jeruk, tomat, jambu biji hingga aneka berries untuk mendapatkan vitamin C.

🌿Hindari Kafein & Tinggi Kalsium
Jika kita minum kopi atau teh sambil mengkonsumsi sumber zat besi hal ini akan percuma Moms. Karena zat besi tidak akan terserap sempurna ketika ada makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Begitupun dengan makanan tinggi kalsium seperti yogurt, susu dan keju. Sangat tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan atau berdekatan dengan sumber zat besi Moms, karena akan menghalangi penyerapan zat besinya.
.
Nah Moms, mudah kan. Cukup dengan memastikan asupan zat besi kita oke selama puasa kita tdak akan terganggu dengan gejala anemia selama kita berpuasa. Happy fasting Moms!😘


Love,
Zupermom team