Tips Mudik Aman untuk Ibu Hamil

Feb 09, 2020

Moms siapa nih ibu hamil yang ikut mudik? Pasti cukup banyak ya. Karena suasanya lebaran di kampung halaman itu sangat ngangenin ya Moms. Jadi jika ada kesempatan buat mudik, kenapa nggak kan ya😉

🌿Emang aman nggak sih ibu hamil mudik?
Jawabannya tergantung ya Moms.

✔️Tergantung kesehatan kehamilan kita (baik ibu maupun bayi). Kalau ini yang bisa menentukan pak dokter atau bu dokter ya Moms.

✔️Tergantung berapa usia kehamilan kita. Paling aman di trimester 2 Moms untuk berpergian. Jadi buat ibu hamil muda dan tua, periksa dulu ya sebelum mudik. Biar dokter bisa beri amunisi selama perjalanan alias vitamin/ penguat kandungan yang cocok.

✔️Transportasi apa yang kita pakai. Soalnya masing-masing alat transportasi punya tantangan sendiri-sendiri nih Moms.


🌿Apa yang Yang Harus kita siapkan untuk Mudik Aman?

✔️Obat/makanan anti mual
Ibu hamil punya peluang mabuk perjalanan yang lebih parah dari orang lain Moms. Karena itu, pastikan kita punya obat anti mual ataupun makanan yang bisa mencegah mual seperti permen jahe, teh jahe/pepermint. Ataupun essential oil seperti ginger oil ataupun spearmint oil.

✔️Alas kaki yang nyaman
Nah alas kaki ini penting MOms. Karena alas kaki yang tidak tepat bisa memicu bengkak di kaki ibu hamil lho. Pastikan kita pakai alas kaki datar tanpa heals ya Moms, agar peredaran darah maksimal. Nah selain itu pilihlah kaos kaki yang nyaman. Tidak terlalu ketat agar peredaran darah tetap maksimal.

✔️Bantal
Ibu hamil seringkali nyeri punggung Moms. Terutama jika kita harus duduk dalam waktu beberapa jam. Nah bantal ini akan membuat kita lebih nyaman saat duduk karena akan mengganjal punggung kita.

✔️Pantyliner
Hamil akan membuat kita lebih mudah keputihan. Terlebih kalau udara gerah di dalam kendaraan. Biar kita nyaman dan bebas infeksi kita bisa pakai pantiliners dan jangan lupa siapkan ekstra pakaian dalam tambahan ya Moms.

✔️Snack
Ibu hamil itu normal banget kalau lapar. Jika kita tidak puasa kita bisa sambil makan dalam perjalanan agar asam lambung kita tidak naik. Nah jika kita puasa snack ini dapat segera kita konsumsi saat berbuka sebelum kita berhenti untuk makan. Jangan lupa pilih yang sehat seperti biskuit oat, kurma, buah dan kacang-kacangan. Karena serat itu penting Moms untuk ibu hamil.

✔️Air Minum
Ini wajib Moms. Pastikan selama perjalanan kita tidak dehidrasi. Karena dehidrasi akan membuat kita semakin lemas Moms

✔️Buku KIA/Buku Periksa
Ini penting kita bawa, terlebih jika kita di trimester 3. Karena jika sewaktu-waktu kita mengalami masalah, buku ini akan jadi tuntunan tim medis untuk memberi tindakan yang tepat Moms

✔️Vitamin/Obat Khusus dari dokter
Moms jangan lupakan vitamin ataupun obat dari dokter seperti penguat kandungan ya. Agar baby kita lebih safety. O iya, air zam-zam bisa jadi alternatif untuk mencegah keguguran sekaligus merehidrasi tubuh kita.

✔️Sabuk Hamil
Ini akan sangat membantu kalau kita di trimester akhir Moms. Selain memberi perlindungan eksta pada bayi, juga akan mengurangi nyeri punggung dan panggul kita Moms.

Yuk Moms udah masuk belum nih semua checklist dari zupermom dalam tas? Kalu belum yuk dimasukkan. agar mudik lancar, aman dan selamat. Happy Fasting Moms😘


Love,
Zupermom team