Tips Mencegah Berat Badan Naik Saat Puasa

Feb 12, 2020

Yuk siapa nih Moms yang Berat Badannya bisa membubung tinggi habis Ramadhan?

Padahal puasa lho, kok bisa sih Berat Kita malah naik?
Ya bisa lah Moms, terlebih kalau kita buka dan sahurnya sembarangan, antara lain:

🌿Makan tanpa henti antara buka hingga sahur (paling berhenti hanya waktu tidur saja 🤭), sampai kita terkadang capek karena terlalu kenyang
🌿Capek dan malas beraktivitas setelah buka puasa

🌿Mumpung buka puasa makan lebih banyak dari porsi biasa saat tidak puasa
🌿Makan gorengan berlemak dan tinggi kalori dalam porsi yang banyak terutama setelah buka puasa hingga tidur malam

🌿Sering buka puasa bareng di luar, yang akhirnya membuat porsi makan kita meningkat

Nah kalau sudah gitu jangan salahkan Berat Badan kita naik ya Moms. Terlebih kita nggak olahraga justru ngantuk habis buka puasa akhirnya nggak tarawih dan langsung deh tidur bersama timbunan kalori yang belum terbakar.

Lalu apa nih Moms yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya? Yang pasti atur pola makan kita Moms. Jangan berlebihan terutama saat buka puasa itu kuncinya. Yuk simak tips dari zupermom ini!

🌿HIndari terlalu banyak makan, terutama saat buka puasa (makanlah dalam porsi secukupnya minimal sama dengan porsi kita sebelum puasa)

🌿Kunyah makanan kita secara perlahan, agar perut tidak begah (masih ingat sunnahnya kan Moms😉)

🌿Makan sup atau salad buah sebelum hidangan utama (bukan sebagai pencuci mulut ya, justru sebagai hidangan pembuka) karena sup atau salad buah rendah kalori tapi bisa membuat kita lebih kenyang akhirnya tidak tergoda makan banyak.

🌿Pilih jus yang rendah gula, kalau bisa bikin sendiri Moms agar kita bisa kira-kira gulanya atau ganti gula dengan madu, kurma atau stevia agar lebih sehat.

🌿Pilih susu low fat atau daging rendah lemak seperti ayam tanpa kulit

🌿Jangan lupakan olahraga seperti berjalan kaki minimal 30 menit untuk membantu membakar kalori. Dan jangan lupakan cukup air putih ya Moms 😉

Hayo saat buka kita banyak makan nggak nih Moms? penting banget ya Moms kita jaga porsi makan kita, agar Ramadan jadi berkah bukan justru nambah berat badan. Terutama untuk kita yang punya PCOS nih Moms 😉 Happy fasting Moms!


Love,
Zupermom team