Tips Memaksimalkan Perkembangan Janin Sejak Awal Kehamilan

Feb 08, 2020

Moms, siapa yang sekarang sedang hamil muda atau berencana hamil? Nah yuk dibaca artikel ini sampai habis. Karena trimester pertama adalah fase paling kritis pada keamanan janin. Selain tingginya resiko keguguran, kelainan atau kecacatan fisik terutama syaraf juga ditentukan di trimester 1 ini Moms.

Kalau kita berencana hamil, tips ini bisa dicoba sejak 3 bulan sebelum program hamil agar tubuh kita masuk "mode baby ready". Hal ini akan membuat bayi kita aman kapanpun dia hadir Moms.

Nah buat yang belum sempat melakukannya tapi sudah hamil, belum terlambat MOms untuk memulainya dan pastikan kita tetap melakukannya minimal hingga akhir trimester 1 (12 minggu kehamilan).

Apa saja nih Moms yang harus kita lakukan?

­čî┐Jangan lupakan Asam Folat dan Vitamin D

Asam folat sangat penting untuk memaksimalkan perkembangan sistem syaraf janin Moms. Kita bisa meminum suplemen asam folat dan juga memasukkan makanan tinggi folat dalam menu harian kita. Makanan tinggi folat seperti bayam, edamame, brokoli, alpukat, polong-polongan, kacang-kacangan, pepaya hingga buah kering seperti kurma.

Vitamin D sangat penting untuk memaksimalkan perkembangan tulang janin Moms. kita harus menambah asupan vitamin D jika kita berkulit gelap dan juga mayoritas waktu kita dihabiskan di ruangan tertutup. Sehingga kita tidak bisa mendapat cukup sinar matahari. Kita bisa menambahkan suplemen vitamin D serta menambahkan makanan sumber vitamin D seperti minyak ikan, ikan laut, dan telur. Tapi ingat jangan makan terlalu banyak dan pastikan kita matang dalam mengolahnya Moms

­čî┐Berusaha Tetap Aktif

Moms hamil muda itu bawaannya lemes, ngantuk, capek pokoknya nggak pengen ngapa-ngapain. Tapi justru itu tidak bagus lho Moms untuk kesehatan kita dan bayi. Karena berdiam diri terlalu lama justru dapat memicu masalah seperti diabetes kehamilan, tekanan darah tinggi/ pre-eklampsia, peningkatan BB terlalu banyak hingga varises.

Jadi pastikan kita olahraga ringan secara teratur Moms, seperti jalan kaki. Cukup 30 menit sehari minimal 4x seminggu ya Moms.

­čî┐Pikirkan Apa yang Kita Makan

Moms ibu hamil diberikan penciuman yang lebih sensitif ya untuk membantu kita menghindari makanan yang berbahaya ini. Karena makanan yang mengandung bakteri, terlalu banyak vitamin A hingga merkuri akan membahayakan janin kita.

Pastikan kita pilih susu yang sudah dipasteurisasi, ikan laut dan telur pastikan kita masak dengan matang, hindari memakan ikan laut yang berukuran besar dan terlalu banyak, serta hindari terlalu banyak olahan hati dan minyak hati ikan Moms.

­čî┐Mulai Hindari Kebiasaan Buruk

Merokok, alkohol, kopi, terlalu mudah minum obat dan membatasi makan (diet) akan membahayakan kehamilan Moms. Jadi pastikan kita menghindari hal tersebut agar janin kita aman sejak awal kehamilan.

Trimester pertama sangat penting untuk kesehatan trimester setelahnya Moms. Jadi pastikan kita jaga kehamilan kita seawal mungkin ya Moms ­čśś.


Love,
Zupermom team