Tips Ibu Hamil dan Menyusui Kuat Puasa Ramadhan

Feb 19, 2020

Moms, Ramadhan sebentar lagi lho. Kira-Kira Ibu hamil dan Menyusui sudah siap puasa belum nih?

Meskipun ibu hamil dan ibu menyusui boleh tidak berpuasa, tapi kan bakal nikmat banget ya Moms kalau kita tetap bisa perpuasa di bulan Ramadhan ini. Yang penting siapkan semua amunisinya Moms, insyaallah kita akan dimudahkan kok puasanya.

Nah apa saja nih amunisi yang harus kita siapakan?

🌿 Perbanyak Minum
Kalau kita cuma minum air putih pas sahur dan buka puasa pasti konsumsi air putih kita sedikit Moms. Padahal dehidrasi lah yang akan membuat kita sangat lemas dan produksi ASI berkurang.

Daripada kita memaksa minum banyak pas sahur, akhirnya kita kembung, lebih baik kita mulai minum air putih selepas berbuka, waktu tarawih, sebelum tidur, ditengah tidur hingga saat sahur hingga imsyak Moms.

🌿 Jangan Pernah Tinggalkan Sahur Moms
Sahur sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui. Paastikan kita pilih makanan kaya sehat dan karbohidrat kompleks seperti oat, beras merah, sayur, buah dan kacang-kacangan.

Jangan lupakan sumber protein yang akan memberi energi kita sepanjang hari Moms.

🌿 Berbuka dengan Cerdas
Bukan tidak boleh kita mengkonsumsi cake dan makanan manis lainnya Moms. Tetapi kalau kita makan makanan manis terlalu banyak, kita akan kehilangan selera untuk makan sayur dan buah. Padahal waktu kita memasukkan makanan bergizi untuk kesehatan kita dan bayi hanya saat sahur dan buka puasa kan Moms.

🌿Tambahkan Cemilan Sehat Setelah Tarawih
Setelah tarawih kita bisa menambahkan buah potong, salad, smoothies ataupun kacang-kacangan untuk menambah sumber nutrisi dan vitamin kita Moms.

🌿Tambahkan Booster Energi dan ASI
Kita bisa menambahkan teh pelancar ASI, fenugreek, almond, kacang mede ataupun oat. Selain itu kita bisa membuat jus kurma saat sahur untuk meningkatkan energi sekaligus booster ASI.

🌿 Istirahat yang Cukup
Pastikan pekerjaan yang melelahkan kita lakukan pada malam hari seperti mengepel, ataupun kita bisa memanfaatkan jasa laundry. Karena ibu hamil dan menyusui perlu mengemat energi untuk 2 orang selama puasa.

🌿 Pompa ASI secara teratur
Tetap ikuti jadwal pompa ASI seperti biasanya jika kita sebelum puasa sudah aktif memompa. Namun, jika kita menyusui langsung, coba memompa ASI dimalam hari sehingga bisa kita berikan pada bayi ketika sore hari saat ASI dan tenaga kita mulai berkurang.

Moms yang terpenting dengarkan tubuh kita ya. Kita harus jaga pola makan dan aktivitas selama Ramadhan agar ibadah kita lancar kehamilan dan bayi kitapun tetap sehat 😉

Love,
Zupermom team