Tahukah Kita Banyak Pengacau Hormon Kesuburan di Rumah

Feb 05, 2020

Moms wanita itu sangat dipengaruhi oleh hormon, salah satunya ya kesehatan kesuburan kita. Kesuburan kita ini full ditentukan oleh kadar hormon yang silih berganti pada tubuh kita setiap siklusnya. Nah itulah sebabnya kesehatan wanita (kesuburan) sangat terlihat dari siklus bulanan kita.

Dan tahukah kita kalau apa yang kita makan, yang kita hirup, yang kita sentuh dan kita makan bisa lho jadi Pengacau pada keseimbangan hormon kita, atau dalam istilah medis disebut "Endocrine/Hormone Disruptors". Jadi si pengacau hormon ini sangat mudah ditemui bahkan dirumah kita sendiri.

🌿Apa sih "Endocrine/Hormone Disruptors?

Menurut WHO Endocrine Disruptors adalah senyawa kimia yang bisa kita temukan dalam pestisida, makanan, metal dan peralatan perawatan diri yang dapat mengganggu kerja hormon tubuh kita, sehingga akan muncul banyak efek samping yang merugikan kesehatan. Dan mayoritas bahan kimia ini adalah buatan manusia. Dan parahnya Hormone Disruptor ini bisa ditularkan oleh ibu ke janin lho Moms.
.
🌿Apa saja Efek Samping dari "Endocrine/Hormone Disruptor" ini?
.
Karena hormon ini kerjanya di seluruh organ tubuh kita, maka efeknya pun juga dapat terjadi pada seluruh sistem tubuh kita mulai dari imunitas, syaraf, tumbuh kembang hingga kesuburan kita.

🌿Masalah Kesuburan apa saja yang bisa timbul karena "Endocrine/Hormone Disruptor"?

Banyak sekali masalah kesuburan yang bisa terjadi akibat paparan dari "Endocrine/Hormone Disruptor" mulai dari pubertas dini (tentunya ini juga akan memicu menopause dini ya Moms), PCOS, fibroid atau miom rahim, endometriosis, kista, keguguran, sedikitnya produksi ASI hingga Kanker payudara (termasuk FAM atau tumor jinak juga ya Moms).

Nah saat ibu hamil terpapar zat ini, sedangkan janin yang dikandung laki-laki maka dicurigai dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya hipospadia (googling ya Moms apa maksudnya ini😁) dan tidak turunnya testis.

🌿Nah darimana kita bisa terpapar Endocrine Disruptor?

Kita bisa terpapar dari apa saja ya Moms baik udara, barang-barang, air, tanah hingga makanan.

✔️Mulai dari pestisida yang dapat mencemari sayuran, buah dan makanan tapi juga dapat mencemari tanah dan air.
✔️Asap rokok baik perokok aktif maupun pasif
✔️Kosmetik dan Personal Care (sabun, sampo, pastagigi, detergen, pewangi baju dll ya Moms) yang mengandung pewangi sintetik, parabean, BPA, Pthalete. Usahakan memilih kosmetik dan personal care yang organik atu beraroma dari essential oil
✔️Plastik dan Kaleng yang mengandung BPA/ tidak food grade.

🌿Apa yang Bisa Kita lakukan untuk Mencegah dan menghilangkannya?

✔️Lebih teliti dalam memilih produk yang kita pakai (jangan sampai ada bahan kimia berbahaya diatas ya Moms)
✔️JIka mungkin pilih bahan makanan yang organik, atau cuci sayur dan buah dengan air plus cuka apel untuk menghilangkan pestisidanya
✔️Hindari memanaskan makanan dalam kemasan plastik dan kaleng
✔️Sebisa mungkin memasak makanan sendiri Moms agar kita tidak perlu menambahkan pewarna, perasa dan pengawet sintetik
✔️Detox untuk mengeluarkan racun (caranya akan kita posting selanjutnya ya Moms, jangan lupa ikutin postingan zupermom.id terus ya 😉).
✔️Jangan lupa selama detox kita juga harus jaga pola makan kita agar tetap sehat dan memaksimalkan proses pembersihan (akan kita bahas juga bersama dengan detox yess Moms 😉).

Nah ayo coba cek kosmetik, peralatan makan, buah dan sayur kita hingga sabun mandi hingga detergen Moms, supaya kita tidak kecolongan. Karena kesehatan keluarga sangat ditentukan oleh kita nih Moms. Yuk mari Moms hidup sehat mulai sekarang 😘.

Love,
Zupermom team