Sulitnya Menentukan Masa Subur Dengan PCOS

Feb 01, 2020

Moms PCOS seringkali kita dengar dan bukan masalah yang asing lagi ditelinga kita. Karena PCOS adalah penyebab ketidaksuburan terbanyak untuk wanita. Ketika siklus kita kacau, Berat Badan naik tidak terkontrol, dan kita kesulitan hamil; akan lebih baik kita periksakan ke dokter mungkinkah kita mengalami PCOS.

PCOS akan ditandai dengan banyaknya sel telur berukuran kecil di ovarium kita Moms. Sel telur ini tidak dapat matang ataupun diovulasikan karena masalah keseimbangan hormon kita. Hormon androgen atau testosteron yang terlalu tinggi akan menghalangi sel telur ita untuk matang dan ovulasi.

Nah hal inilah Moms yang akan memicu kesulitan untuk menentukan masa subur. Karena siklus kita kacau sehingga metode kalender akan sangat sulit kita gunakan.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk Mengetahui Masa Subur?

💓Alat Tes Masa Subur:
Alat tes ini bukan pilihan yang akurat untuk mengukur masa subur kita yang memiliki PCOS Moms. Karena alat ini akan mengukur hormon LH yang meningkat yang memicu ovulasi pada wanita normal. Nah masalahnya PCOS akan membuat kadar LH kita tinggi sepanjang waktu. Sehingga alat ini tidak akan sensitif untuk menentukan masa subur.

💓Metode Lendir
Umumnya saat mendekati ovulasi lendir kita akan meningkat dan berbentuk seperti putih telur mentah yang tidak putus saat jari direnggangkan. Namun pada PCOS seringkali lendir ini terjadi sepanjang waktu dan hanya meningkat sedikit saat ovulasi. Jadi pastikan kita mencatat perubahan lendir ini setiap saat Moms baik konsistensi maupun warna dan jumlahnya agar kita tahu kapan lendir ini meningkat.

💓Suhu Tubuh Basal
Metode ini paling efektif diantara metode lainnya Moms. Tetapi ingat kita harus mengukur suhu tubuh setiap hari saat bangun tidur tanpa harus turun dari tenpat tidur. Jadi pastikan termometer dan buku catatan ada di dekat tempat tidur kita setiap bangun tidur. Karena jika kita sudah turun dari tempat tidur suhu kita akan berubah Moms.

Namun metode ini dapat rancu ketika kita sedang sakit. Sehingga kita akan bingung apakah naiknya suhu karena ovulasi ataukah kita sedang sakit. Tetapi baiknya suhu basal tidak akan banyak dari suhu sebelum masa subur, mungkin hanya naik 1-3 derajat Moms. Cuma hal ini akan berlangsung beberapa hari setiap bangun tidur.

Akan lebih baik jika kita menggabungkan metode lendir dan suhu. Jadi kita akan lebih kenal dan paham kondisi tubuh kita.

Tapi paling baik jika kita mengubah gaya hidup Moms. Terutama pola makan. Hindari makanan sumber radang (sudah pernah kita share ya, bisa scroll beberapa postingan dibawah) dan perbanyak buah plus sayur agar keseimbangan hormon kita kembali Moms. Dan PCOS akan membaik dan menghilang dengan sendirinya Moms.

Yuk Hidup sehat dengan pola makan yang sehat, agar kesuburan kita kembali maksimal.😉

Love,
Zupermom team