Sudah Kenalkah Kita dengan Detox Water?

Detox Dec 20, 2019

Kata-kata Detox di jaman milenial ini sering banget kita dengar ya guys. Mau langsing dikit detox, kebanyakan sakit detox juga. Nah, sebenernya detox water itu apa sih dan manfaatnya itu untuk apa?

Apa sih detox water?

Detox water memiliki istilah lain yaitu infused water guys. Infused water adalah jenis minuman berisi air putih dan buah-buahan dengan perendaman dalam waktu tertentu. Infused water sekarang memang sedang hits dan dipercaya kaya akan vitamin serta penuh sumber nutrisi sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dalam buah dan aktivitas antioksidan yang berupa senyawa mampu menjaga kesehatan tubuh. banyak buah yang bisa dikreasikan untuk membuat detox water ini Moms. Buah yang mudah digunakan untuk pembuatan infused water antara lemon, jeruk, strawberry, ketimun dan lain lain sesuai selera masing-masing ya Moms.

Minuman infused water merupakan jenis minuman hasil proses difusi dari konsentrasi tinggi dari buah atau sayur  bercampur dalam air yang memiliki konsentrasi rendah. Difusi adalah peristiwa  perpindahan suatu senyawa dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah  secara langsung. Proses dinfusi pada  infused water ditandai dengan adanya senyawa pada buah atau sayur dan herbal yang digunakan terlarut  ke dalam air. Buah yang telah mengalami proses perendaman akan  menyebabkan bentuknya menjadi mengkerut atau tidak segar lagi dan rasanya pun akan berubah akibat dari proses difusi tersebut.

Karena itulah Moms, infused water akan membuat nutrisi dari buah , sayur ataupun herbal tersebut menjadi lebih mudah diserap akibat sudah terlarut dalam air. Pembuatan infused water ini juga disimpan dalam kemasan plastik ataupun kaca, namun pastikan plastik yang kita gunakan foodgrade ya Moms.  Infused water tersebut biasanya disimpan di dalam botol dengan rentang waktu 6 sampai dengan 12 jam baru dapat dikonsums karena seluruh kandungan nutrisi dalam buah atau sayur dan herbal telah berpindah dalam air secara optimal. Tentunya serat dalam sayur, buah tidak bisa kita dapatkan dengan detox water ya Moms.

Ini Nih Contoh Cara Bikin Detox Water

sumber: freepik

Infused water lemon adalah salah satu detox water yang paling sering digunakan untuk detox. kandungan vitamin C dan antioxidant pada lemon akan meningkatkan proses pembersihan yang akan dilakukan hati dan percernaan kita. selain itu tambahan mentimun akan meningkatkan proses pengeluaran racun dengan meningkatkan kencing Moms. Tambahan herbal lain seperti jahe atau mint akan membantu menyamankan pencernaan kita selama proses detox berlangsung Moms.

  • Proses pembuatan produk infused water ini diawali dengan memasukkan 1 buah lemon dan 1/2 buah mentimun yang telah dipotong-potong  ke dalam botol plastik ataupun kemasan kaca yang berisi air putih sebanyak 400 ml.
  • Pemotongan buah lemon dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat terjadi proses difusi. Hal ini dikarenakan proses pemotongan buah dapat mempengaruhi proses difusi yang berlangsung, dimana semakin kecil ukuran partikel (semakin tipis potongan) yang dihasilkan maka kecepatan difusi akan semakin meningkat, sebaliknya semakin tebal buah maka proses difusi yang berlangsung akan semakin lambat.
  • Tambahkan sejempol jahe yang telah dikupas ataupun 3-5 helai daun mint
  • Rendam dan simpan dalam lemari es sekitar 6-12 jam. Penyimpanan pada suhu rendah atau lemari es (0-15°C) dilakukan untuk menekan proses pembusukan buah dan sayur serta  mencegah terjadinya kontaminasi kuman, sehingga infused water akan lebih awet dan tidak terasa asam akibat buah yang membusuk saat direndam. Penyimpanan di suhu rendah juga dapat mencegah terjadinya proses oksidasi vitamin C yang dapat menyebabkan hilangnya vitamin C pada infused water.
  • Minum infused water setiap bangun tidur dan sebelum tidur Moms agar proses detox semakin maksimal.

Ayoo Moms, coba bikin detox water versi zupermom atau ekspresikan kreativitasmu versi buah lain yak. Selamat mencoba dan jangan lupa jaga pola makan kita ya.

Love,

Zupermom team