Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Kesuburan Pria

Jan 05, 2020

Hai Moms and Dad..  Perlu Anda ketahui Infertilitas merupakan suatu masalah yang dapat mempengaruhi pria dan wanita di seluruh dunia. Kurang lebih 10% dari pasangan suami istri (pasutri) pernah mengalami masalah infertilitas semasa memasuki usia reproduksi ya Moms, dan diperkirakan tiap tahun akan bertambah dua juta pasangan infertil.

Ini nih, penyebab gangguan kesuburan pada pria :

·         Kegagalan untuk menghasilkan jumlah sperma sehat aktif

·         Adanya sumbatan pada tuba dari buah zakar ke arah penis

·         Mengalami gejala gangguan ejakulasi

·         Keadaan kesehatan secara umum, contohnya mengalami gangguan kelenjar tiroid atau kencing manis yang tidak terkontrol

·         Perokok berat yang mempengaruhi tingkat kesuburan

·         Peminum alcohol yang sering

·         Factor psikologis, rasa cemas dan gangguan tekanan batin yang sering menjadi penyebab beberapa kasus

Pahami yuk pencegahan yang dapat dilakukan

·         Menghindarilah kebiasaan merokok dan konsumsi alcohol yang berlebihan

·         Jangan terlalu sering berendam air panas atau bersauna ya Dad. Suhu tinggi bisa mempengaruhi produksi dan gerakan sperma, meski bersifat sementara

·         Menerapkan polha hidup sehat

·         Melakukan olahraga secara teratur dan tidak berlebihan

·         Menjaga berat badan Dad. Kelebihan atau kekurangan berat badan bisa mempengaruhi produksi hormone reproduksi

·         Membatasi konsumsi kafein

·         Mengurangi dan membatasi pemakaian obat-obatan tertentu

·         Mengubah teknik hubungan seksual dengan memperhatikan masa subur istri ya Dad

·         Melakukan hubungan intim 2-3 kali seminggu bisa meningkatkan fertilitas

·         Mengkonsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan

Masalah kesuburan pria dapat diatasi dengan beberapa solusi. Menurut penelitian ada beberapa makanan sehat yang berfungsi untuk menambah kesuburan pria. Ini dia beberapa jenis makanan yang direkomendasikan: (per item diberi gambar)

·         Sayuran dan buah-buahan berwarna merah

Sayuran dan buah-buahan berguna untuk menyehatkan tubuh Dad. Jenis buah dan sayur memiliki kandungan lycopene yang berfungsi untuk menabmah kadar sperma sampai 70%. Buah dan sayur yang berwarna merah contohnya tomat, paprika merah, jambu dan semangka.

·         Daging merah

Daging merah mengandung L-carnitine yang bermanfaat untuk mengingkatkan produksi sel sperma. Pakar kesuburan pria sangat menganjurkan konsumsi daging merah.

·         Ikan salmon

Kandungan omega 3 pada ikan salmon dikenal mampu meningkatkan kesehatan jantung serta kecerdasan otak. Nah Dad, menurut penelitian, ikan salmon juga mampu meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan pria.

·         Dark chocolate

Coklat adalah makanan yang enak dan membuat rileks. Dark chocolate bermanfaat untuk memperbaiki kualitas sperma dan mencegah disfungsi ereksi serta kemandulan. Dark chocolate mengandung asam amino L-Arginine HCL.

·         Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tinggi. Lemak jenuh yang ada dalam kacang bermanfaat untuk kesuburan dan tubuh pria. Contohnya kacang tanah, kacang kenari dan almond yang memiliki kandung selenium, sehingga baik untuk meningkatkan kadar testosterone.

·         Tiram

Tiram adalah salah satu makanan laut yang mampu menambah gairah pria. Selain itu, tiram juga dapat meningkatkan produksi sperma pria. Tiram mempunyai kandungan zinc yang sangat tinggi.

·         Jamur

Vitamin D yang terkandung dalam semua jenis jamur kancing atau jamur shitake, mampu meningkatkan vitalitas pria dengan cara mengalirkan darah ke organ vital. Manfaatnya juga dapat digunakan untuk meningkatkan produksi sel sperma serta mencegah disfungsi ereksi.

·         Wortel

Jenis sayuran berwarna orangen yaitu wortel ini terkenal dengan manfaat kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang kuat. Vitamin A tidak hanya bagus untuk mata, namun untuk vitalitas pria juga sehingga mampu meningkatkan kualitas sperma.

·         Pisang

Ada segudang manfaat pada pisang lho Dad. Pisang banyak mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Manfaat dari nutrisi terbut untuk meningkatkan kualitas dan kekuatan sperma. Kandungan enzim bromelain pada pisang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sperma pada pria.

Moms and Dad, merelaksasikan tubuh untuk pergi honeymoon atau bulan madu juga bisa meningkatkan keharmonisan dan meningkatkan intensitas seksual. So, rencanakan deh Mom and Dad.

Love,

Zupermom team