Pentingnya Kesehatan Mental untuk Ibu Hamil

Feb 07, 2020

Moms, hamil itu akan membuat banyak sekali perubahan, baik dari segi fisik, psikologis hingga sosial. Nah kesehatan mental saat hamil itu sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Karena sadar atau tidak setiap hari kita akan bergelut dengan masalah psikologis yang kita hadapi selama kehamilan.

Trimester pertama adalah salah satu trimester yang sangat menantang secara emosional. Terlepas dari berbagai masalah fisik yang kita hadapi seperti morning sickness, perubahan hormon estrogen dan progesteron ini akan membuat mood atau suasana hati kita ibarat roller coaster.

Mood kita akan sangat membingungkan, kita akan merasa sangat bahagia tapi akan segera berganti kekhawatiran. Ataupun terkadang kita sangat ceria namun tiba-tiba bisa saja mudah tersinggung dan sedih. Jadi stress, takut dan cemas akan sering hinggap pada diri kita hingga kita jadi baper hingga mellow. Terlebih jika kehamilan kita ini tidak direncanakan. Hal ini akan memperberat mood swing kita.

Nah Moms, kesehatan mental ini sangat penting untuk kehamilan kita. Karena ibu hamil yang terus menerus merasakan kecemasan dan ketakutan selama kehamilannya akan lebih beresiko mengalami baby blues, depresi postpartum hingga masalah kejiwaan berat paska persalinan. Hal ini tentu akan berdampak langsung dengan peran kita sebagai ibu dan hubungan kita dengan bayi atau bonding.

Nah Moms apa saja yang bisa kita lakukan untuk tetap rileks selama hamil?

✔️Lakukan "me time" setiap hari: kita bisa melakukan kegiatan yang kita sukai seperti berendam air hangat, jalan-jalan atau semua aktivitas yang buat kita damai.

✔️Curhat dengan orang yang kita percaya misal suami atau saudara akan membuat kita lebih lega

✔️Tetap aktif sepanjang hari: gerakkan tubuh akan membantu melepaskan hormon endorfin yang akan membuat kita bahagia Moms. Jadi jangan cuma tiduran dikamar ya Moms.

✔️Segera istirahat ketika kita capek: karena kelelahan hanya akan membuat kita semakin stress

✔️ Ukur kemampuan kita: jangan lakukan pekerjaan baik rumah maupun kantor diluar batas kemampuan kita Moms. Dan jangan sungkan untuk meminta pertolongan jika memang kita tidak sanggup

✔️Jaga pola makan sehat kita agar kita tidak ragu tentang kesehatan bayi kita lagi

✔️Punya teman yang sama-sama sedang hamil akan membantu kita untuk saling menguatkan

✔️Jangan segan gunakan aromaterapi yang aman untuk kehamilan seperti lavender, camomile dan ylang-ylang yang akan membuat kita rileks. Tapi cukup 10-15 menit saja ya Moms setiap hari agar kita tidak mual.

Nah Yuk kita rilekskan dan bikin hari-hari kehamilan kita lebih happy Moms 😘

Love,
Zupermom team