Penasaran Moms, kapan mulai merasakan denyut jantung janin?

Kehamilan Jan 06, 2020

Rasa penasaran di awal kehamilan untuk mendegarkan denyut jantung janin pada ibu hamil sudah pasti dirasakan olh semua ibu di awal usia kehamilan. Khawatir, senang, penasaran dan kepo selalu campur aduk dirasakan ibu bahkan suami saat kehamilan memasuki usia awal atau Trimester 1.

Perkembangan Kehamilan Tiap Trimester

Trimester 1 (1-13 minggu atau awal kehamilan)

Pada trimester awal kehamilan ini Moms akan banyak mengalami perubahan dan muncul beberapa gejala dan keluhan. Tanda yang pasti terjadi di awal adalah perut yang tambah membuncit yang nampak lucu di awal hamil. Selain itu, perubahan hormon yang berkontirbusi dalam kehamilan berupa peningkatan kadar estrogen dan hCG yang menyebabkan mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil selama beberapa bulan pertama hamil.

Trimester 2 (14-27 minggu atau tengah)

Gejala dan keluhan yang ada di dawal kehamilan mulai berkurang dan ibu hamil mulai bisa beradaptasi dengan perubahan tubuh dan hormone yang terjadi di awal kehamilannya. Pada masa ini perkembangan janin mulai meningkat. Perut akan terlihat lebih buncit dan mulai timbul nyeri punggu sedikit. Yang paling dinanti pada masa ini adalah munculnya tendangan janin yang biasanya pada usia 16 atau 18 minggu pada masa kehamilan.

Trimester 3 (28-41 minggu atau akhir kehamilan)

Nah, masa trimester akhir ini adalah masa dimana tubuh ibu mulai membengkak dan tambah buncit, tenang Moms, jangan takut gendut. Perkembangan janin meningkat pesat pada masa ini, dan siap siap si bayi mulai turun ke jalan lahir untuk muncul di dunia. Keluhan pada ibu mungkin terasa lebih sesak, karena janin juga semakin membesar.

Kapan Denyut Jantung Janin Mulai Terdengar?

Di awal minggu ke-enam jantung janin mulai terbentuk diikuti pertumbuhan sumsum tulang belakang, otak dan beberapa organ janin lainnya. Di masa kehamilan ini, jantung bayi masih terlalu kecil untuk dirasakan degupnya, namun ibu bisa dibantu mendengarkan dengan beberapa peralatan medis dari dokter.

Denyut jantung janin paling kuat terdengar pada usia kehamilan bulan keempat. Fetal Doppler yang biasa digunakan bidan atau dokter dapat digunakan untuk menemukan tempat dimana denyut jantung janin jelas terdeteksi. Denyut jantung janin normal memiliki rentang antara 110-160 denyut jantung per menit.

USG kandungan, sonogram atau metode lain bisa digunakan untuk memeriksa detak jantung, menentukan usia dan ukuran janin, memeriksa kemungkinan masalah kehamilan dan memeriksa kemungkinan kehamilan kembar.

Kenapa Denyut Jantung Janin Bisa Tidak Terdengar?

Yuk pahami Moms, ini alasan kenapa detak jantung janin belum juga terdengar

Tanggal perkiraan usia kehamilan dan hari terakhir menstruasi yang kurang tepat

Kalau Momma lupa nih kapan terakhir haid atau menstruasi, maka metode lain untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan USG. Melesetnya tanggal merupakan alasan kenapa kok detak jantung janin belum terasa atau terdengar.

Posisi bayi

Ini nih, ketika ukuran bayi yang kecil dan belum tertangkap dopller, maka bisa jadi denyut jantungnya belum terdeteksi oleh bidan. Harus sabar ya Moms, menunggu sampai terlihat.

Posisi rahim

Posisi rahim dalam tubuh kita berbeda-beda Moms. Nah kesulitan mendengar denyut jantung janin karena alat yang digunakan tidak tepat ke rahim, sehingga ini hanya karena kesalahan penempatan saja, bukan sebagai masalah yang serius.

Keguguran

Nah, bisa jadi jika alasan diatas tidak terbukti, mungkin kita mengalami keguguran, atau tidak terdeteksi kantong kehamilan misal pada kehamilan yang tidak berkembang, ataupun kita sebenanya tidak hamil atau disebut positif palsu. Positif palsu juga menyebabkan tidak terdeteksinya denyut jantung janin. Biasanya disarankan datang lagi satu atau dua minggu untuk mencoba lagi setelah kehamilan untuk diperiksa kembali.

Ukuran tubuh ibu hamil

Ibu hamil memiliki tubuh yang berbeda-beda, termasuk jenis perut yang memiliki lemak tebal ataupun tipis. Nah, perut yang memiliki lemak tebal kadang membuat alat seperti dopller susah menangkap sinyal dari detak jantung janin. Kita bisa cek dengan USG ya Moms.

Ayok Mom periksakan kehamilan secara rutin ya, agar baby dan kita sehat hingga persalinan.

Love,

Zupermom team