Orang Kurus Bisakah Mengalami PCOS?

Conceive Jan 06, 2020

Aku nggak gemuk Moms, tapi sudah lama nikah kok susah banget ya punya momongan. Mimin sering lho Moms dapat konsultasi kayak gini. Lalu mimin sarankan cek kalau memang sudah mencoba secara teratur selama 1 tahun tapi nggak kunjung hamil, ini udah alarm untuk periksa Moms.


Dan ternyata memang kurus atau BB ideal itu bukan jaminan jauh dari PCOS. 20-30% wanita yang mengalami PCOS justru yang cenderung kurus atau bahkan BB ideal. Masalah inilah yang disebut sebagai Lean PCOS.

Apa Penyebabnya Lean PCOS?

Mayoritas Lean PCOS mengalami insulin resistant Moms. Alias tubuh kita nggak peka dengan insulin. Jadi sama seperti PCOS klasik Lean PCOS ini juga bikin sel telur tidak bisa besar atau membentuk banyak kista.

Insulin berlebih ini bikin keseimbangan hormon reproduksi kita kacau Moms. Hormon FSH yang memperbesar sel telur rendah dan hormon LH terlalu tinggi yang akhirnya membuat ovulasi sulit. Plus memicu hormon androgen yang membuat siklus kita tambah kacau dan muncul rambut badan bahkan wajah.

Dan meskipun kita nggak gemuk Moms, ternyata dari hasil penelitian Lean PCOS tetap bikin timbunan lemak kita terutama di perut itu lebih banyak daripada orang kurus tanpa PCOS. Hal ini juga dikarenakan hormon insulin yang tinggi ini akan menimbun lemak. Dan kita akan mudah lapar karena tingginya hormon ghrelin alias hormon lapar.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat kita memiliki Lean PCOS?

Jaga Pola Makan

Ini tetap hal utama Moms. Meskipun kita Lean PCOS dan tidak harus menurunkan Berat Badan tapi kita tetap harus menjaga berat badan ideal ataupun justru menaikkannya tanpa membuat gula darah tinggi Moms.

Caranya perbanyak sumber kalori dari protein sehat seperti ikan laut, kacang-kacangan, buah dan sayur. Perbanyak serat dari buah, sayur dan buah-buahan kering yang rendah glikemik indeks, karena serat akan membantu membuang hormon berlebih.

Hindari produk susu, kopi, alkohol, gorengan karena akan memperparah peradangan dan masalah kesuburan kita. Jangan lupa makan dalam porsi kecil agar gula darah kita tidak melonjak terlalu tinggi setelah makan Moms.

Olahraga

Meskipun kita kurus, kita harus tetap olahraga Moms. Karena olahraga akan membantu memgurangi timbunan lemak dan membantu membuat tubuh kita peka kembali pada insulin Moms.

Turunkan stress

Stress akan memperparah kondisi PCOS Moms. Karena stress akan membuat tubuh lebih banyak memproduksi hormon stress yang akan memperparah peradangan yang kita alami. Alhasil siklus kita makin kacau balau.

Tambahkan Herbal

Herbal yang mengandung antiinflamasi seperti kunyit, kayumanis dan zuriat dapat mbantu memperbaiki kondisi kita Moms.

Nah jika kita kurus dan sulit hamil bisa jadi kita mengalami Lean PCOS Moms. Jangan takut untuk periksa ya Moms.Tetap semangat garis dua ya Moms

Love,
Zupermom team