Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Jan 05, 2020

Pada masa kehamilan, sehat merupakan dambaan setiap wanita yang sedang hamil. Selain makanan, olah raga merupakan salah satu cara untuk memperoleh keadaan sehat tersebut. Namun, masih banyak wanita hamil yang takut untuk berolah raga, mereka khawatir olah raga bisa menyebabkan gangguan pada kehamilan.

Pada umumnya, olah raga aman dilakukan saat hamil ya Moms. Beberapa olah raga yang dianjurkan atau diperbolehkan pada masa kehamilan yaitu aerobik, jalan jalan, berenang, senam air, menari, dan bersepeda statis. Setiap wanita hamil mempunyai karakteristik yang berbeda beda sehingga olah raga yang dipilih harus disesuaikan dengan keadaan si ibu hamil.

Menjaga kesehatan dan kebugaran selama hamil penting ya Moms untuk menjaga janin tumbuh sehat. Dalam masa hamil tidak semua olahraga aman dilakukan, hal ini karena terdapat perubahan kondisi dan hormone tubuh, ditambah lagi adanya janin yang dikandung oleh ibu. Jadi, olahraga apa saja sih Moms yang aman dilakukan pada saat kehamilan?

Ini dia beberapa contoh olahraga yang disarankan untuk dilakukan pada wanita hamil menurut Dr. Bakhsi (2014), yaitu:

1.      Jalan kaki

Menurut Dr. Bakshi, wanita hamil disarankan berjalan tiga kali seminggu selama 30 menit dengan syarat rutin dilakukan ya Moms. Berjalan melatih jantung janin agar lebih sehat.

2.      Menari

Menari mebuat otak relaks karena termasuk latiha yang menyenangkan. Tentunya jangan berlebihan, perhatikan kondisi kandungan dan harus didampingi oleh istruktur terlatih ya Moms.

3.      Pilates

Pilates membantu mengurangi sakit otot perut, sakit punggung, melancarkan proses persalinan, dan membuat relaks. Tentunya, wajib didampingi oleh intruktur terlatih juga Moms.

4.      Yoga

Milenial jaman now, sudah tidak asing lagi dengan yoga. Yoga saat hamil mampu meningkatkan mood dan mengurangi ketegangan. Yuk dicoba Moms.

5.      Sepeda statis

Bisa juga mencoba sepeda statis saat hamil lho Moms. Hal ini dapat meningkatkan oksigen ke otak si bayi.

6.      Kegel

Latihan kegel ini bisa dilakukan setiap waktu Moms. Tujuannya untuk memperkuat otot-otot di dasar panggul. Produksi hormone relaksin akan meningkat selama kehamilan, sehingga melembutkan sendi dan ligament untuk mempermudah proses persalinan.

7.      Renang

Renang yuk. Tekanan di air memudahkan ibu untuk bergerak, jadi mengurangi risiko kecelakaan selama hamil.

8.      Aerobic atau zumba

Gerakan yang aktif memang diperlukan pada aktivitas olahraga ini. Ibu boleh ikut hanya pada beberapa gerakan yang nyaman. Panduan instruktur sangat diperlukan pada olahraga jenis ini ya Moms.

Nah Moms, manfaat olahraga rutin untuk ibu hamil bisa beragam diantaranya:

·         Membuat mood menjadi lebih relaks

·         Meningkatkan energy selama hamil

·         Menjaga postur tubuh

·         Membtuk kekuatan dan ketahanan otot

·         Membantu tidur lebih nyenyak

·         Membantu mengurangi sakit punggung

Inget ya Moms, waspada olahraga di luar gerakan di atas karena bisa menimbulkan hal-hal yang negative pada kehamilan, ini dia

·         Gerakan memutar pinggang secara cepat

·         Olahraga di cuaca yang panas

·         Banyak aktivitas naik turun sehingga kemungkinan capek dan lelah terlalu tinggi

·         Olahraga menyebabkan trauma nyeri perut

·         Banyak aktivitas lompatan

·         Menggunakan metode tahan nafas dengan posisi lebih lama

Yuks Moms, tingkatkan rutinitas olahraga selama hamil. Tapi, tetap jaga kondisi tubuh ya Moms. Jangan terlalu dipaksakan, sewajarnya saja. Kalau perlu, ajak daddy ikut menemani ataupun ikut berolahraga bersama supaya lebih semangat ya Moms.

Love,

Zupermom team