Moms Sedang Program hamil? Ini hal yang perlu Anda lakukan

Feb 01, 2020

Moms ingin sekali hamil atau berencana melahirkan pada momen tertentu? Nah, kami akan memberikan beberapa trik yang dapat membantu Anda memiliki peluang besar agar cepat hamil saat moms sedang dalam program hamil. Nah, Daripada penasaran, simak penjelasan tentang tips cepat hamil berikut ini ya Moms..

1.    Ketahui Kapan Masa Ovulasi Anda

Rahasia untuk bisa segera hamil adalah dengan mengetahui kapan masa ovulasi Anda terjadi. Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur dari indung telur. Sel telur ibarat mata sasaran dan sperma adalah panahnya. Agar kehamilan terjadi, salah satu panah harus tepat berada di mata sasaran. Kebanyakan wanita melepaskan sel telur sekali pada tiap siklus menstruasi. Hanya pada beberapa hari saja di luar siklus tersebut yang benar-benar memiliki peluang kehamilan setelah berhubungan badan.

Dengan mengetahui kapan masa ovulasi terjadi, Anda dan pasangan dapat merencanakan anak panah untuk berada tepat pada mata sasaran. Ini lebih baik ketimbang hanya dengan menembakkan banyak anak panah ke segala arah dan berharap ada yang mengenai target. Anda bisa mengetahui kapan masa ovulasi dengan menggunakan beberapa metode berbeda. Menentukan kapan waktu ovulasi menjadi sulit bila Anda memiliki periode menstruasi yang tidak teratur selama beberapa bulan. Pada kondisi ini Anda memerlukan saran terbaik dari dokter.

2.    Berbaring Setelah Berhubungan intim

Memang belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan kalau berbaring telentang setelah berhubungan intim akan membantu sperma mencapai sel telur dengan lebih mudah. Posisi berbaring bertujuan untuk menghindari kebocoran sperma. Tapi kini ada hasil studi yang bisa dipercaya berkaitan dengan hal ini.

Di tahun 2009, peneliti di Amsterdam menemukan wanita yang berbaring selama 15 menit setelah proses inseminasi buatan, memiliki peluang untuk hamil sebanyak 50 persen lebih besar dibanding wanita yang segera bangun dari posisi berbaring setelah prosedur dilakukan.

3.    Nikmati Saja Prosesnya

Kecemasan dan kekhawatiran pasti akan Anda rasakan setiap saat selama program hamil. Memang hal itu tergolong wajar. Tapi sebenarnya Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat hamil bila Anda tidak stres. Hypothalamus, kelenjar di otak yang mengatur hormon ovulasi tidak akan berfungsi dengan baik bila Anda mengalami stres. Itu sama artinya Anda akan berovulasi lebih lambat dari biasanya atau bahkan tidak sama sekali.

Jadi lakukan apapun yang Anda bisa untuk menikmati proses menuju kehamilan Moms. Nikmati kehidupan seks Anda. Ini dapat membuka peluang kehamilan lebih besar. Akan lebih baik lagi bila ada variasi dalam melakukannya. Untuk bisa hamil, tak ada satu posisi seks yang lebih efektif dibanding yang lain.

4.    Mencari Bantuan

Berapa lama Anda harus terus berusaha hamil sebelum mencari bantuan dari spesialis kesuburan sangat bergantung pada usia Anda. Kesuburan menurun di saat Anda semakin bertambah umur. Jadi tips cepat hamil yang perlu Anda perhatikan; bila Anda berusia lebih dari 40 tahun, segeralah minta bantuan dari seorang spesialis. Jika Anda berumur 35 hingga 40 tahun, bicara pada spesialis setelah Anda mencoba selama 6 bulan tanpa hasil.

Untuk pasangan di bawah usia 35 tahun, Anda dapat terus mencoba selama satu tahun lamanya sebelum datang ke spesialis kesuburan. Bila Anda mencurigai adanya masalah kesuburan pada diri Anda atau suami, silakan buat janji untuk bertemu dokter. Tak ada alasan untuk menunda melakukannya.

Nah itu hal penting  yang bisa Anda lakukan saat program hamil moms. Semoga sukses ya program hamil dan mendapat momongan yang diidamkan ya moms.

Love,

Zupermom team