Moms Harus Tahu, Inilah 5 Fakta Risiko Asma Saat Hamil

Feb 13, 2020

Risiko Asma Saat Hamil -  Moms... Saat hamil sebenarnya banyak perubahan hormon yang terjadi, diantaranya memengaruhi paru-paru.

Tanpa riwayat sebelumnya, penyakit asma merupakan penyakit yang bisa muncul secara tiba-tiba pada ibu hamil. Gejalanya mulai dari sesak napas, nyeri dada dan batuk-batuk.

Meski penyebab asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya seperti asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus hingga terpapar zat kimia.

Naah...  Berikut 5 risiko penyakit asma bagi ibu hamil yang perlu Moms ketahui. Yuk, simak ulasannya dari Zupermom berikut ini :

1. Bayi kekurangan asupan oksigen dan memengaruhi perkembangannya

Saat dalam kandungan, bayi bergantung pada persediaan oksigen dalam darah Moms agar tetap sehat dan berkembang dengan sempurna.

Tapi sayangnya jika ibu hamil terserang asma, maka kandungan oksigen dalam darah menjadi berkurang. Hal ini bisa menyebabkan gangguan perkembangan pada sang janin.

Seperti yang dikatakan oleh Mayo Clinic, bahwa lebih baik ibu hamil meminum obat asma daripada mengalami serangan asma di masa kehamilannya.

Jika ibu hamil kesulitan bernapas, dokter akan meresepkan obat khusus dengan dosis paling tepat. Segeralah minum obatnya sesuai resep.

2. Bayi lahir prematur memengaruhi kesehatan jangka panjang

Saat janin kekurangan mendapatkan asupan oksigen karena sang ibu terserang asma, maka bisa menyebabkan persalinan prematur atau premature labor sebelum usia 37 minggu.

Bayi yang lahir prematur punya risiko gangguan kesehatan jangka panjang seperti autisme, cacat intelektual, cerebral palsy, masalah paru-paru, gangguan penglihatan dan pendengaran.

Bayi prematur setelah 7 bulan biasanya memerlukan perawatan khusus di unit perawatan intensif neonatal (NICU) rumah sakit.

HealthLinkBC mengatakan, apabila ibu hamil tidak mengontrol asma di masa kehamilannya dengan baik mungkin dapat berisiko bayi lahir prematur.

3. Bayi lahir dengan berat badan di bawah rata-rata

Saat hamil, asma yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kelahiran bayi dengan berat badan di bawah rata-rata.

Biasanya dokter menyebutnya memiliki berat badan lahir rendah (BBLR) yang memiliki berat badan kurang dari 2500gr (2,5 kg).

Hal ini terjadi karena oksigen yang diperlukan untuk proses perkembangan bayi asupannya tidak maksimal.

Dilansir dari eMedicineHealth bahwa risiko asma pada ibu hamil lebih mungkin melahirkan bayi yang kecil atau kurang berat badannya moms, sehingga membutuhkan rawat inap yang lebih lama setelah ia lahir.

4. Mengalami morning sickness yang berlebihan di saat hamil

Moms... Kehamilan adalah waktu yang menyenangkan. Tapi jika sang ibu mengalami asma di masa kehamilannya, maka bisa menyebabkan beberapa masalah seperti morning sickness yang berat.

Kurangnya pemasukan oksigen ini bisa terjadi karena penyakit asma yang menyebabkan sang ibu menjadi sesak napas. Naah.. Dikutip dari Healthline, bahwa asma yang tidak terkontrol membuat ibu hamil berisiko lebih tinggi terhadap beberapa komplikasi termasuk morning sickness yang berbahaya bagi ibu dan bayi.

5. Preeklampsia yang gejalanya memiliki tingginya tekanan darah

Asma adalah kondisi paru-paru kronis. Jika saat hamil Moms terserang asma, maka dapat berdampak pada risiko yang lebih tinggi seperti preeklampsia.

Naah...  Biasanya preeklampsia terjadi karena ada gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan plasenta, sehingga mengganggu aliran darah sang ibu dan bayi di dalam kandungan. Sementara plasenta membutuhkan pasokan aliran darah yang besar dan konstan.

Namun pada ibu hamil yang mengalami preeklamsia biasanya ditandai dengan tingginya tekanan darah mencapai 140/90 mmHg dan penurunan fungsi organ ginjal maupun hati.

Menurut Medical News Today, bahwa asma dapat memengaruhi kehamilan dengan peningkatan risiko preeklampsia yang dapat berbahaya bagi ibu dan janinnya lho moms. Segeralah berkonsultasilah ke dokter kandungan untuk membantu meringankan gejala selama serangan asma ya moms..

Itulah 5 bahaya asma pada ibu hamil yang perlu Moms ketahui. Apabila terjadi serangan asma dengan gejala yang terus memburuk, maka ibu hamil harus segera mendapatkan penanganan di rumah sakit.

Love,

Zupermom team