Yuk Moms Kenali Lebih Dekat tentang Menstruasi

Conceive Dec 18, 2019

Apa sih sebenarnya menstruasi itu?

Menstruasi merupakan rapot kesehatan reproduksi kita yang harusnya jadi tamu rutin, namun seringkali bisa bikin nyeri, bahkan merubah mood kita.

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi karena siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini adalah proses persiapan organ reproduksi wanita untuk hamil. Jadi setiap bulan dinding rahim kita akan menebal untuk mempersiapkan kehamilan, namun setelah ovulasi dan sel telur itu tidak terbuahi maka sel telur dan dinding rahim kita akan meluruh menjadi darah dan terkadang gumpalan kecil yang akan keluar dari vagina yang kita kenal dengan istilah menstruasi.

Lama siklus kita biasanya terjadi selama 28 hari, dimulai sejak pertama menstruasi, sampai muncul menstruasi berikutnya.  Selama periode ini hormon kesuburan kita akan terus silih berganti untuk mengatur pembentukan sel telur, ovulasi atau pelepasan sel telur, penebalan dinding rahim hingga peluruhan sel telur dan dinding rahim. Hormone yang terlibat selama siklus menstruasi adalah GnRH (gonadotropin relasing hormone), FSH (follicle stimulating hormone), LH (luteinizing hormone), esterogen dan progesterone. Karena itulah kita seringkali disebut sebagai makhluk hormonal Moms, karena fungsi tubuh khususnya kesuburan kita sangat dipengaruhi oleh hormon.

Normalnya nih, siklus menstruasi terjadi sekitar 5-7 hari. Namun, setiap wanita punya siklus masing-masing dan tidak harus sama ya Moms, kadang datang lebih cepat ataupun lebih lambat, kisaran umum siklus menstruasi dikatakan normal jika terjadi sekitar  21-35 hari.

Siklus menstruasi pertama kali atau menarche terjadi pada saat kita remaja dan telah memasuki masa pubertas,  sekitar 2-3 tahun setelah tumbuhnya payudara. Menstruasi normalnya harus terus terjadi sampai menopause. Ketika kita menopause kita sudah kehilangan fungsi kesuburan untuk hamil Moms karena tidak lagi ada sel telur yang diovulasikan sehingga tidak ada juga menstruasi. Semua hal ini baik menstruasi hingga menopause sangat dipengaruhi oleh kadar horon diatas. Menopause umumnya terjadi pada usia 40 tahun atau pertengah atau 50 tahun.

Gejala-Gejala Yang Timbul Pada Siklus Menstruasi

Kita sudah bahas tentang apa itu menstruasi serta kok bisa wanita mengalami menstruasi. Nah sekarang kita bahas tentang gejala-gejala yang timbul pada siklus menstruasi ya girls. Umumnya ketika mendekati menstruasi karena adanya perubahan hormon kita sering kali mengalami PMS. Ini nih yang perlu kita ketahui Moms, PMS (Premenstrual Sydorme atau Sindrom Pramenstruasi) bisa kita rasakan saat akan menstruasi. Ditandai dengan perubahan kadar hormone dalam tubuh kita yang bisa mempengaruhi fisik dan emosi, biasanya muncul beberapa hari sebelum menstruasi.

Yuk pahami gejala PMS Moms

  • Terasa lebih lelah
  • Sakit kepala
  • Payudara menjadi lebih sensitive
  • Kenaikan berat badan
  • Nyeri otot dan sendi
  • Muncul jerawat
  • Suasana hati tidak stabil
  • Sulit konsentrasi
  • Kecemasan berlebih
  • Turunya rasa percaya diri
  • Perubahan nafsu makan
  • Mudah uring uringan
  • Gampang baperan
  • Penurunan gairah seks

Mengapa Ada Nyeri Haid?

Nah selain PMS, gejala yang seringkali kita alami saat menstruasi adalah nyeri haid. Nyeri saat menstruasi ini umumnya terjadi di awal menstruasi hari pertama hingga ketiga. Nyeri ini terjadi akibat kontraksi otot rahim kita untuk meluruhkan dinding rahim dapat memicu munculya nyeri. Nyeri mentruasi ini bisa sangat bervariasi Moms mula ringan hingga berat karena nyeri itu sifatnya sangat subjektif atau berbeda setiap orangnya.

Namun jika nyeri ini sangat menganggu aktivitas kita dan menetap hingga menstuasi berakhir atau bahkan tetap nyeri meskipun kita tidak mestruasi jangan tunggu nanti untuk melakukan pemeriksaan ke dokter ya Moms.  Karena nyeri hebat bisa menjadi tanda masalah dalam rahim kita seperti miom, polip, edometriosis dan masalah kesehatan lainnya.

Beberapa penangan yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri menstruasi :

  • Berendam air hangat
  • Kompres hangat degan menempelkan botol atau handuk dengan air hangat ke perut
  • Melakukan olahraga ringan
  • Hingga menggunaka beberapa essential oil seperti lavender dan camomile.

Mengapa Bisa Terjadi Masalah Menstruasi?

Gangguan siklus menstruasi berkaitan dengan penurunan kesuburan dan berbagai gangguan kesehatan organ reproduksi. Karena kesuburan kita sangat dipengaruhi oleh siklus hormon, jadi ketidakseimbangan hormon akan memunculkan masalah dalam siklus menstruasi kita. Obesitas dan stress merupakan faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan siklus menstruasi lho Moms.

Berat badan yang tidak normal, baik kelebihan atau kekurangan hal ini sama-sama meningkatkan resiko amenorrhea (tidak menstruasi) atau dysmenorrhea (nyeri haid). Stress secara fisik maupun emosional bisa menghalangi hormone LH (luteinizing hormone) untuk lepas dari tubuh. Sehingga bisa terlambat menstruasi dari jadwal seharusnya.

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan saat Menstruasi?

Pahami  juga untuk menjaga kebersihan saat menstruasi ya Moms. Mengganti  pembalut setiap 4-6 jam sekali dalam sehari. Hindarkan menggunakan  pembalut atau tampon berparfum, karena dapat meningkatkan iritasi pada  bagian kewanitaan.

Yuk kita kenali siklus kita lebih baik, karena siklus kita adalah rapot kesehatan dan kesuburan kita Moms. Jangan takut untuk periksa ketika ada masalah menstruasi ya Moms.

Love,

Zupermom team