Mencegah dan Mengatasi Nyeri Perineum Setelah Persalinan

Feb 21, 2020

Moms siapa yang setelah melahirkan seringkali merasa nyeri pada bagian kewanitaannya? Ya, bagian yang paling sering nyeri setelah persalinan adalah otot diantara jalan lahir dan lubang pembuangan kita yang disebut perineum.
.
Bagian inilah yang sering robek ataupun dirobek untuk memberikan jalan keluarkan bayi. Setelah dirobek tentu bekas jahitan juga akan membuat perineum ini meradang hingga nyeri. Nah jikapun tidak robek, maka perineum akan bengkak setelah persalinan akibat tertekan bayi. Bengkak ini juga akan menimbulkan nyeri Moms

🌿Nah apa yang bisa kita lakukan untuk menurunkan nyeri?

1⃣ Jaga Kebersihannya
Pastikan kita membersihkan dari depan ke belakang setelah buang air kecil dan besar. Bisa juga kita menyemprotkan air hangat pada area yang nyeri atau luka jahitan Moms.

2⃣ Kompres dingin
Kompres es dengan dibungkus handuk pada area jahitan akan membuat syaraf nyeri tumpul sehingga nyeri akan berkurang. Selain es kita bisa gunakan kompres gel siap pakai yang telah dibekukan Moms.

3⃣ Kurangi Tekanan
Kita bisa duduk diatas bantal ataupun tidur miring untuk mengurangi tekanan pada area perineum. Tekanan akan membuat peredaran darah terhambat dan menambah nyeri. Selain itu hindari celana yang ketat agar tidak menambah iritasi pada area luka.

4⃣ Cegah konstipasi
Konstipasi akan membuat nyeri semakin parah Moms. Pastika kita banyak minum air putih, perbanyak serat dan BAB secara teratur untuk mencegah konstipasi.

5⃣ Konsumsi Makanan Antiradang dan Antinyeri
Makanan seperti sayur hijau, madu dan kurma yang direndam dalam air kaya antiradang yang akan mempercepat proses penyembuhan luka.
.
🌿Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Mencegah?

1⃣ Pijat Perineum
Pijat perineum yang dilakukan oleh ibu hamil atau pasangannya akan membuat otot perineum semakin elastis dan dapat memudahkan pembukaan dan mencegah robekan jalan lahir. Nah Moms pastikan pijatan ini dilakukan secara teratur minimal 1-2x seminggu mulai dari usia kehamilan 35 minggu. Pijatan ini akan menurunkan keparahan robekan ketika dilakukan saat persalinan.

2⃣ Kompres Hangat
Kompres hangat perineum ketika prose persalinan akan membuat semakin nyaman dan mencegah terjadinya bengkak dan robekan jalan lahir. Tapi pastikan kita memilih penolong persalinan yang hanya akan merobek jalan lahir ketika dibutuhkan saja Moms.

Nah yuk kita persiapkan diri mulai sekarang agar siap menghadapi hal ini setelah persalinan 😊

Love,
Zupermom team