Sudah Kenalkah Kita dengan Pemeriksaan Prakonsepsi Moms?

Conceive Dec 18, 2019

Akan lebh baik sebelum kita memulai program hamil untuk sibuk membut janji dengan dokter. Karena pemeriksaan prakonsepsi merupakan investasi untuk kesehatan ibu dan janin.

Kehamilan yang sehat merupakan harapan setiap pasangan ya Moms and Dad. Tidak sedikit suami dan istri memutuskan untuk menggunakan berbagai program hamil untuk mendapatkan momongan. Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan kehamilan adalah dengan pemeriksaan prekonsepsi. Istilahnya pemeriksaan ini adalah investasi diawal untuk melihat kesiapan kita dan suami untuk hamil Moms. Jadi tidak hanya orang dengan masalah kesuburan saja ya Moms yang harus periksa.

Ini dia, beberapa pemeriksaan yang biasa dilakukan dokter ketika kita berkunjung untuk program hamil:

Pap smear

Pap smear adalah pemeriksaan mikroskopis sel rahim yang diambil dari serviks atau mulut rahim. Tes ini penting dilakukan ya Moms, untuk mengetahui ada tidaknya pertumbuhan tidak normal atau tumor dan kanker pada leher rahim. karena ketika ada masalah kanker atau tumor pada mulut rahim dan rahim, tentu saja akan mempengaruhi kesiapan rahim saat mengandung bahkan dapat membahayakan kesehatan kita.

suburan saja ya Moms yang harus periksa.Pemeriksaan payudara

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan payudara dalam kondisi benar benar sehat walafiat ya Moms. Hal ini penting untuk memproduksi air susu ibu ketika bayi sudah lahir nanti.

Cek tipe darah

Cek darah ini bertujuan untuk mengetahui rhesus yang kita punya Moms. Supaya tahu apakah rhesus negative atau positif. Jika Momma memiliki rhesus negative maka perlu perlakuan khusus selama hamil. Hal ini akan mempengaruhi kondisi janin. Jika rhesus ibu dan janin berlawanan maka antibody ibu akan terbentuk untuk melawan janin karena janin dianggap benda asing oleh tubuh ibu. Karena itu kesehatan janin akan sangat terpengaruh dan dapat meningkatkan resiko anemia saat hamil atau bayi kuning saat lahir.

sumber:freepik

Pemeriksan USG

Pemeriksaan USG biasanya dilakukan dokter untuk meliht kondisi rhim, saluran tuba hingga ovarium kita Moms dokter akan memeriksa rahim dan organ kesuburan lainnya untuk memastikan tidak ada masalah yang bisa menghambat kesuburan kita seperti miom, kista, endometriosis, tuba tersumbat hingga masalah pada ovarium lainnya. Dokter mungkin akan memeriksa USG melalui vagina jika rahim kita tidak cukup terlihat ketika diperiksa dari perut

Kontrasepsi

Dokter tentu akan menanyakan riwayat kontrasepsi atau KB kita Moms. Karena beberapa kontrasepsi memiliki efek yang tidak akan langsung hilang setelah dihentikan pemakaianya, semisal KB suntik. Dokter akan menjelaskan pada kita kapan kesuburan kita akan kembali agar kita tidak stress karena tidak kunjung berhasil untuk hamil selepas KB.

Siklus Menstruasi Kita

Ini adalah hal dasar yang harus kita ketahui Moms, karena menstruasi adalah rapot atau gambaran kesuburan kita. Dokter akan menanyakan tentang retang siklus hingga hingga keteraturannya, agar kita tahu kapan perkiraan ovulasi dan masa subur kita.

Pola Makan dan Gaya Hidup Kita

Kita harus bersiap untuk ditanya dokter tentang pola makan kita, apakah kita merokok dan minum alcohol. Selain itu berat badan dan tinggi badan kita tentu akan diukur Moms. Karena berbagai masalah kesuburan dapat terjadi akibat berat badan tidak ideal, misalkan PCOS. Dokter akan memberitahu kita apakah kita perlu menurunkan atau menambah berat badan kita.

Obat-Obatan yang Kita Konsumsi

Beberapa obat yang mungkin kita konsumsi bisa saja memberi efek buruk untuk kesuburan. Sehingga kita perlu diskusikan dengan dokter, apakah obat itu aman atau tidak untuk kesuburan.

Masalah Kesehatan Kita

Seluruh masalah kesehatan kita akan lebih baik jika ditangani sejak sebelum hamil. Sehingga kondisi penyakin yang mungkin dapat memburuk selama hamil bisa kita antisipasi sebelumnya Moms. Jadi pastikan kita menyampaikan semua masalah kesehatan yang kita miliki pada dokter, termasuk masalah kesehatan mental kita.

Riwayat Kesehatan Keluarga

Masalah kesehatan ataupun resiko penyakit sangat bisa diturunkan dalam keluarga Moms. Untuk itu jangan lupa sampaikan atau tanyakan ke dokter tentang masalah kesehatan yang diturunkan dalam keluarga kita, seperti diabetes, hipertensi dan preeklampsia hingga kehamilan kembar sekalipun.

Riwayat Berpergian Kita

Jika kita atau pasangan adalah orang dengan mobilitas tinggi dan sering berkunjung ke wilayah-wilayah terntentu, terlebih daerah endemic penyakit tertentu seperti virus zika. Jangan lupa sampaikan ke dokter agar kita diberikan tindakan tambahan untuk mencegah tertularnya penyakit Moms.

Yuks mom, melakukan pemeriksaan sejak dini supaya sehat selalu ibu dan janin selama masa kehamilan. Di Indonesia banyak yang belum akrab dengan informasi kehamilan seputar pemeriksaan prakonsepsi. Untuk itu, lakukan pemeriksaan prakonsepsi sejak awal untuk mengetahui gambaran menyeluruh mengenai kesehatan calon bumil dan suami sebelum pembuahan terjadi ya.

Love,

Zupermom team