Kapan Waktu yang Tepat untuk berhubungan saat Promil?

Jan 08, 2020

Inti dari program hamil adalah terjadinya pembuahan Moms. Hal ini hanya bisa terjadi saat sel jantan dan betina bertemu. Nah masalahnya pertemuan ini tidak selalu berjalan mulus Moms, terutama jika siklus kita kacau. Masa subur akan jadi PR tersendiri untuk kita, dan akhirnya sering terlewatlah masa subur itu yang membuat promil kita tak kunjung berhasil. Lalu apa nih yang harus kita lakukan Moms?
.
Jawabannya adalah kita harus mengatur waktu berhubungan. Dengan mengatur waktu berhubungan, kita tidak akan terlalu dibuat stress dan juga menghindari kebosanan dan kurang harmonisnya hubungan suami dan istri karena program hamil.
.
Lalu apa yang harus kita ketahui soal waktu ini?
.
­čî┐Siklus Hidup Sel Jantan
Sel jantan ini tahan lama Moms. Mereka mampu hidup dalam rahim kita hingga 5-7 hari. Nah daya tahan ini bisa kita gunakan untuk patokan kapan kita bisa berhubungan.
.
Selain itu kita perlu tahu bahwa teryata berhubungan setiap hari tidak berefek lho pada daya tahan dan kecepatan sel jantan Moms. Namun tidak dianjurkan untuk lebih dari 2x sehari ya Moms, karena berdasar penelitian terlalu sering hingga lebih dari 3x sehari akan membuat kualitas dan jumlah sel jantan menurun.
.
Tapi menahan untuk tidak mengeluarkan sel jantan lebih dari 3 hari akan menurunkan kualitasnya lh Moms. Bahkan menahan untuk tidak mengeluarkan sel jantan selama 1 minggu akan sangat menurunkan jumlah dan kualitas sel jantan ini lho.
.
­čî┐Siklus Hidup Sel Betina
Nah berbeda dari sel jantan yang tahan lama, sel betina ini punya masa hidup yang sangat singkat Moms cua 12-24 jam saja. Nah kalau dia sudah menunggu selama 12-24 jam tapi tidak kunjung ada sel jantan yang mendekat, dia akan ngambek dan 'close order' yang akan berujung pada luruhnya sel betina Moms.
.
Makanya ovulasi bukan jadi awal mula masa subur tapi justru pertanda masa subur segera berahir Moms. Nah masa subur ini sangat susah-susah gampang dilacak. Selama siklus bulanan kita oke masa subur akan mudah diprediksi. Nah yang jadi masalah kalau sikus bulanan kita kacau seperti PCOS bisa bikin pusimg kalau urus masa subur Moms (bisa cek postingan sebelumnya soal cara menentukan masa subur untuk PCOs ya Moms).
.
­čî┐Kapan Waktu yang Tepat untuk Berhubungan?
Kalau bicara soal waktu yang paling manjur atau istilahnya 'Golden Time' ya jelas saat masa subur hingga ovulasi ya Moms. Makanya kita tetap dianjurkan sebisa mungkin untuk berhubungan saat masa subur.
.
Nah berarti kita hanya berhubungan saat masa subur saja?
.
Tidak juga ya Moms! Para pakar kesuburan justru menyarankan kita untuk berhubungan secara teratur setiap bulan untuk program hamil yaitu 2-3 hari sekali. Dengan berhubungan teratur diharapkan selalu ada sel jantan yang tersedia di tuba falopi untuk menunggu sel betina keluar/ ovulasi. Hal ini dinilai paling ideal mengingat sel jantan bisa bertahan lebihih dari 5 hari.
.
Karena jika kita hanya berhubungan saat masa subur saja, kualitas sel jantan justru menurun karena jarang dikeluarkan. Selain itu kesalahan prediksi sangat mungkin terjadi hingga kita bisa melewatkan 'Golden time' tadi.
.
.
Gimana sudah betul belum nih Moms manajemen waktu kita? Yuk buat yang sedang berjuang garis dua, kita tata ulang waktu berhubungan kita. Tapi tetap ingat makna dari berhubungan ya Moms, tidak hanya untuk mendapatkan keturunan tapi juga untuk menjaga keharmonisan dan cinta suami istri­čśŹ.
.
.
Love,
Zupermom team