Ini Nih, Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Jan 06, 2020

Asupan makanan selama hamil penting diperhatikan ya Moms, kan sekarang harus double gizinya, selain untuk ibu hamil juga untuk si bayi selama masa kehamilan. Yah, supaya bayi yang kita kandung terpenuhi gizinya dan bisa memiliki tumbuh kembang yang sehat ya. Eits tapi jangan salah paham, bukan berarti kita harus makan double porsi ya MOms, tetapi kandungan gizinya yang harus ditambah.

Kehamilan trimester pertama, kedua dan ketiga membutuhkan asupan yang penting untuk menjaga stamina. Ada beberapa makanan yang bergizi namun tidak diperbolehkan dikonsumsi selama kehamilan, ya misal produk olahan dari susu yang belum diolah pada fase pasteurisasi. Karena resiko bakteri sangat tinggi pada susu tanpa proses pasteurisasi. Tidak hanya susu banyak produk hewan lain yang harus kita perhatikan karena resio bakteri hingga merkuri Moms.

Apa yang Harus Kita Konsumsi Selama Hamil?

Ini beberapa makanan yang gampang ditemukan, namun punya kandungan nutrisi atau gizi yang penting untuk kehamilan. Apa saja makanan dan minuman itu?

Air putih yang cukup

Nah, kalau tidak hamil saja air berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh dari dehidrasi. Apalagi asupan sewaktu hamil harus cukup ya Moms. Karena air putih penting untuk membantu mencegah sembelit dan infeksi saluran kemih secara hamil. Serta membantu menjaga keehatan dan elastisitas kulit dan tentunya membuat kita lebih segar selama hamil.

Buah-buahan

Contoh buah yang gampang banget dicari namun juga punya kandungan gizi oke adalah pisang. Kandungan vitamin B6 yang baik dikonsumsi saat trimester pertama untuk mengurangi rasa mual, dan membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit saat hamil, jadi kita tidak akan gampang dehidrasi plus lemes Moms.

Buah lainnya adalah alpukat. Alkpukat disarankan dikonsumsi di trimester kedua, kandungannya vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, asam folat dan tinggi asam lemak. Fungsinya bagus untuk perkembangan otak, system saraf, jaringan dan kulit bayi.

Ubi

Ubi nih salah satu makanan kaya vitamin A yang penting untuk pertumbuhan jaringan janin. Tapi, hati hati ya Moms, jangan konsumsi berlebih, karena suplemen vitamin A dosis tinggi menyebabkan kecacatan janin. Kaena itu pilihan terbaik adalah mendapatkan vitamin dari makanan bukan suplemen atau obat.

Kacang-kacangan

Ada kacang polong, kacang mede, almond hingga kacang tanah. Kacang ini punya kandungan asam folat, protein, zat besi, serat dan kalsium untuk dikonsumsi janin di trimester pertama.

Sayur sayuran

Contoh sayuran yang bergizi tinggi adalah brokoli. Rambutnya yang kribo dan warnanya yang segar diperlukan ibu hamil selama kehamilan. Si brokoli memiliki kandungan serat, vitamin C, kalsium, asam folat dan memiliki antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas dan melawan penyakit Moms.

Nah, untuk bayam juga baik nih Moms, memiliki kandungan asalam folat dan tinggi zat besi. Ini berfungsi untuk mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf pada awal kehamilan Moms.

Daging

Banyak kandungan protein di dalam daging Moms. ada zat besinya juga yang berguna pembentukan sel darah merah. Coba, apa guna sel darah merah? Penting Moms. untuk mengantarkan oksigen ke semua sel tubuh. Di trimester tiga penting meningkatkan konsumsi daging ya Moms, untuk mencegah ibu hamil dari anemia. Namun, lemaknya jangan ya, cukup daging saja, lemaknya dikasih Daddy aja ya Moms. Tapi pastikan kita masak dengan matang agar bakteri salmonella bisa mati dengan sempurna.

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah sumber protein hewani yang kaya asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA, penting untuk perkembangan otak pada janin. Selain itu, kaya vitamin D yang baik untuk ibu dan janin. Tapi inngat Moms, jangan konsumsi dalam keadaan mentah ya, harus dimasak.

Produk olahan susu yang sudah dipasteurisasi

Susu, enak sekali ya Moms. susu tinggi protein dan kalsium sehingga penting untuk ibu dan janin. Produk dari susu yang bisa kita pilih adalah keju dan yogurt. Yogurt bisa mengurangi komplikasi selama kehamilan asalkan dikonsumsi pada kadar yang tidak berlebih. Pastikan memilih keju yang padat ya Moms seperti cedar, parmesan, edam atau mozarela. Hindari keju berbentuk cream seperti cream cheese, karena beresiko terdapat bakteri yang masih hidup seperti salmonella.

Buah kering

Buah kering seperti kurma punya kandungan zat besi, potassium dan serat tinggi yang baik untuk ibu hamil. Konsumsi kurma di trimester ketiga bisa membantu melebarkan serviks dan mencegah induksi saat bersalin Moms.

Telur

Nah, telur penting ya Moms. kandungan kalori, protein, lemak, vitamin dan mineral jadi satu disini. Kandungan kolin dalam telur, penting untuk kesehatan otak dan juga perkembangan janin. Namun, jangan konsumsi telur setengah matang ya, karena tidak baik untuk kesehatan karena bakteri belum mati secara sempurna.

Pilih nutrisi yang tepat ya Moms, karena selama kehamilan tidak hanya ibu hamil saja yang butuh nutrisi, namun juga dibutuhkan si janin untuk proses tumbuh kembang.

Love,

Zupermom team