Hindari dan lakukan ini saat program hamil

Feb 06, 2020

Moms ingin segera memiliki momongan? Salah satu usahanya adalah dengan melakukan program hamil. Naah dalam program hamil ini banyak yang harus Anda Hindari dan lakukan saat program hamil Anda berhasil moms. dalam program ada beberapa hal yang perlu Anda hindari moms. Beberapa hal yang perlu Anda hindari adalah sebagai berikut :

1.    Olahraga berlebihan

Tubuh Anda harus bugar tapi jangan berlebihan berolahraga ya moms. Seperti penelitian yang disebutkan di atas, olahraga berlebihan meningkatkan jumlah waktu untuk wanita agar bisa hamil. Ini bukan berarti Anda tidak perlu lari pagi bila telah terbiasa melakukannya, tapi olahraga yang mengganggu siklus menstruasi seperti lari marathon dapat mengganggu kesuburan Anda.

2.    BPA

BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang ditemukan di barang plastik, seperti botol minum, wadah makanan, dan bahkan lapisan pada kaleng aluminium. Beberapa penelitian meyakini paparan BPA tingkat tinggi bisa merusak kesuburan wanita dan pria, berpotensi menurunkan jumlah sperma, atau menurunkan jumlah sel telur.

Tak ada cara untuk mencegah paparan BPA, tapi Anda bisa membatasinya dengan menghindari makanan kalengan dan kurangi konsumsi makanan atau minuman dari wadah plastik dengan kode angka 3 atau 7 pada bagian bawah wadah.

3.    Ikan dengan merkuri tinggi

Beberapa ikan memiliki kandungan merkuri lebih tinggi. Merkuri tingkat tinggi pada darah terkait dengan masalah kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Selain itu, merkuri tetap berada di tubuh selama lebih dari 1 tahun dan bisa membahayakan perkembangan otak serta sistem saraf janin, jadi menghindarinya akan meningkatkan kesempatan untuk kehamilan yang sehat. Anda masih dibolehkan mengonsumsi 2 sajian makanan laut rendah merkuri seberat 6 ounce per minggu selama hamil.

4.    Stres

Semua orang pernah mengalami stres dan para ahli kurang sepakat tentang apakah stres bisa menyebabkan masalah kesuburan. Tapi ada bukti kalau stres yang kronis bisa mempengaruhi sistem  reproduksi moms. Mengalami kesulitan untuk bisa hamil juga menimbulkan stres.

Jadi bila Anda merasa stres mempengaruhi kesehatan dan kemampuan untuk hamil, bicara pada dokter tentang cara mengatasinya. Beberapa penelitian menemukan alternatif obat seperti yoga dan akupunktur, mengurangi waktu bagi pasangan untuk bisa hamil.

5.    Mengabaikan gigi

Sekarang waktunya untuk mengunjungi dokter gigi Anda moms. Anda dan pasangan harus pastikan memiliki gigi yang sehat sebelum hamil. Kesehatan mulut yang buruk bisa mempengaruhi sperma pria, dan bila Anda memiliki penyakit gusi, bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi dengan berat lahir rendah.

6.    Malas berolahraga

Anda selalu mencari-cari alasan untuk menghindari olahraga? Sebuah penelitian menemukan kalau olahraga teratur dan aktivitas fisik yang tidak berlebihan seperti jalan cepat, bersepeda, atau berkebun bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan agar cepat hamil.

Kebugaran Tubuh Saat Program Hamil

Moms mungkin pernah mendengar, olahraga berlebihan atau terlalu sedikit ketika menjalani program hamil bisa membuat Anda lebih sulit hamil. Berikut ini beberapa hal terkait dengan kebugaran dan kesuburan yang harus Anda lakukan saat program hamil moms.

1.    Mulai lakukan olahraga saat ini juga

Menjadikan olahraga sebagai kebiasaan teratur sebelum program hamil bisa membantu Anda merasa lebih baik di sepanjang kehamilan dan memiliki stamina lebih sehat saat persalinan dan kelahiran.

Olahraga bahkan bisa meningkatkan kesuburan bila Anda menjalani program hamil karena polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau kelebihan berat badan. Pelajari cara melakukan olahraga secara rutin dan ketahui jenis olahraga yang paling baik untuk program hamil.

Pilih variasi aktivitas yang Anda sukai. Dengan begitu, bila Anda tidak bisa berjalan kaki karena cuaca misalnya, Anda masih bisa mengikuti kelas Zumba. Bila Anda telah terbiasa dengan beberapa aktivitas, maka Anda lebih mungkin tetap bisa melakukannya ketika hamil. Renang jadi salah satu aktivitas yang direkomendasikan.

2.    Tidak fokus pada penurunan berat badan

Anda mungkin ingin sekali mendapat berat badan  yang ideal sebelum kehamilan tapi saat ini waktunya untuk memastikan Anda mendapat nutrisi yang cukup. Jalani pola makan tanpa menghindari kelompok makanan tertentu atau mengurangi kalori secara drastis ya Moms.

3.    Tidak berlebihan

Bila Anda menyukai lari jarak jauh, sekarang waktunya untuk melakukan sedikit modifikasi. Meski aktivitas dengan intensitas tinggi tak masalah dilakukan selama tahap sebelum kehamilan bila Anda terbiasa melakukannya, sebaiknya ini tidak dilanjutkan.

Latihan fisik memberi tekanan pada tubuh. Dan apapun yang berlebihan bisa memberi dampak buruk, terutama di masa program hamil. Sebaiknya lakukan aktivitas yang tidak berlebihan seperti jalan kaki atau renang di mana Anda masih bisa berbicara dan tidak kehabisan nafas ketika melakukannya.

Naah itulah berbagai hal yang perlu Moms hindari dan juga lakukan saat program hamil. Semoga program hamilnya sukses ya moms..

Love,

Zupermom team