Detox Yuk Untuk Mengeluarkan Racun

Feb 04, 2020

Moms masih ingat postingan tentang hormone disruptors? Nah buat yang lupa atau belum tahu bisa scroll postingan sebelumnya ya 😉.

Nah sekarang kita akan bahas nih soal cara mengeluargan racun mulai dari zat kimia, bahan sintetik dan juga zat-zat lain yang tidak dibutuhkan tubuh kita. Jadi tubuh kita ini setiap hari akan dimasuki oleh banyak zat yang mungkin berbahaya bagi kesehatan melalui banyak hal terutama makanan yang kita makan.

Kalau racun itu tidak dikeluarkan akan menjadi radikal bebas (lihat postingan sebelumnya juga ya moms soal ini 😉) atau bisa juga mengendap bahkan dapat mengacaukan kerja hormon tubuh kita. Alhasil kesehatan kita bisa banget bermasalah, terlebih kita para wanita yang kerja tubuhnya lebih banyak dipengaruhi oleh hormon, salah satunya kesuburan.

Nah salah satu cara mengeluarkan racun adalah dengan detox. Detox ini banyak banget ya Moms caranya bisa pakai Gerson therapy (bisa googling ya Moms 😉), infused water sperti JSR nya dr. Zaidul Akbar hingga teh detox. Nah kali ini zupermom akan merangkum tips detox dari berbagai sumber agar bisa lebih mudah untuk diaplikasikan ya Moms 😉. Inti dari detox tidak hanya minumannya saja tapi kita juga harus deh jaga pola makan kita selama detox. Yuk Moms langsung saja ya masuk ke tips Detox nya!

⛅️Pagi
✔️Minum segelas kecil (1 cangkir kecil) air hangat+ 1 sendok makan madu+ 1/2 buah lemon atau jeruk nipis setelah bangun tidur --> lemon/ jeruk nipis tinggi vitamin C & strukturnya mirip asam lambung, sehingga akan memicu empedu untuk mengeluarkan racun kita Moms. Sementara madu akan melindungi pencernaan kita dari iritasi

✔️Sarapan dengan segelas jus sayur + buah (No gula ya moms jika mau manis tambahkan madu atau kurma saja), buah potong/ salad sayur atau buah, kurma dan makanan kukus dalam porsi kecil. Buah dan sayur kaya serat sehingga dapat mempercepat proses pembersihan. Karea serat sama seperti sapu untuk racun, hormon dan lemak.

☀️Siang
✔️Makan 1/6 porsi karbohidrat (lebih baik ganti ke karbo kompleks seperti sorgum, beras merah dll kalau memungkinkan)
✔️Makan 1/6 porsi protein (kalau untuk promil lebih baik pilih ikan laut karena lebih kaya omega3 dan folate)
✔️Makan 4/6 porsi buah dan sayur
.
🌙Malam
✔️Sama seperti makan siang
✔️Akhiri dengan segelas air hangat+jahe+madu+ daun padan --> Jahe akan memaksimalkan peredaran darah,Madu akan membuat tidur kita lebih nyenyak, daun pandan akan menenagkan syaraf kita dan membuat kita lebih rileks

✅Do
✔️Buat infused water detox : mentimun+kayu manis+ jahe+ kunyit+ kurma+ lemon/jeruk nipis+ air putih (minum setelah 6 jam pembuatan dan jangan direfill setelah 12 jam)
✔️Cemilan pilih yang kaya serat dan nutrisi seperti almond, pistachio, walnuts dan buah.
✔️Usahakan makanan kita whole food (minim pengolahan/ raw) agar semua nutrisi masih utuh
✔️Perbanyak puasa sunah untuk yang muslim/ intermitten fasting untuk non muslim. Karena puasa adalah detox terbaik bagi tubuh kita

❎Don't
✔️Sebisa mungkin hindari gula (ganti dengan madu, kurma, stevia atau gula aren)
✔️Hindari gorengan, lemak jenuh, makanan kalengan/ prossesed food, gluten (search ya Moms apa aja yang mengandung gluten 😉), rokok dan alkohol

Nah dengan kita bersihkan diri kita maka tubuh kita pasti akan lebih sehat. Karena kesehatan berawal dari apa yang kita makan Moms🥰. Yuk Detox biar dapat sehatnya plus semoga lebih dimudahkan dapat bonus garis duanya😍.

Love,
Zupermom team