Detox Smoothies, Cara Mudah Enakin Detox Kita

Detox Dec 18, 2019

Yummy, mendengarkan kata smoothies sudah bikin pengen ya Moms, kita pasti sudah membayangkan segar dan nikmatnya segelas smoothies. Smoothies ternyata juga berfungsi untuk menjadi detoks atau pembersihan diri supaya tubuh kita kembali normal. Smoothies menjadi salah satu pilihan untuk detox karena dalam smoothies terdapat berbagai jenis buah dan sayur. Sayuran hijau atupun buah-buahan sangat kaya serat, nutrisi penting lainnya dan antioksidan tentunya uang berfungsi membersihkan racun dalam tubuh. Waktu yang paling bagus adalah memulai setiap aktivitas di pagi hari dengan  meminum smoothies.

Seperti yang telah dibahas daam detox water ataupun detox diet bahwa pola makan adalah hal yang sangat mempengaruhi kualitas kesehatan kita. Karena makanan yang masuk akan mempengaruhi seluruh fungsi dan aktivitas tubuh kita salah satunya keseimbangan hormon dan fungsi reproduksi. Salah satu cara mendapatkan berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan dan kesuburan kita adalah dengan smooties.

Kenapa harus Smoothies?

Smoothies akan mempercepat penyerapan senyawa aktif yang kita butuhkan untuk kesuburan Moms. Selain itu smoothies umumnya diolah dari sayur dan buah-buahan yang segar, sehingga nutrisi yang dikandung dari sayur dan buah-buahan itu tidak akan berkurang atau masih utuh karena tidak melalui proses pemanasan. Jadi dengan smoothies tubuh kita akan lebih cepat dalam menyerap nutrisi dari sayur dan buah dibanding ketika kita makan buah dan sayur. Selain itu nutrisi yang kita makan juga relatif utuh karena tidak dimasak atau masih dalam tahap whole food.

Syarat Detox Smoothies

Detox Smoothies harus memiliki berbagai sumber yang kita butuhkan. Sebisa mungkin kita pilih bahan smoothies yang rendah glikemik index agar lebih aman untuk berbagai penyakit yang berkaitan dengan gula darah sepeti diabetes dan PCOS. selain itu pastikan kta menghindari penambahan gula ataupun susu kental manis dalam smothies agar smoothies kita tetap sehat. Jika ingin manis kta bisa menambahkan madu, kurma ataupun m Ini dia, beberapa kandungan yang harus ada dalam detox smoothies.

Antioksidan

Fungsi antioksidan dalam tubuh penting karna dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, dengan cara "menonaktifkan" radikal bebas, sehingga dapat menghilangkan ataupun mengurangi bahaya yang menyerang tubuh. Antioksidan juga sangat penting bagi pasangan yang masih dalam program hamil ya Moms. Menjadikan makanan sumber antioksidan sebagai smoothies akan membantu menyerap antoksidan dalam bentuk paling sederhana dan optimal. Beberapa sumber antioksidan tinggi yang mudah dibuat smoothies antara lain kurma, bayam, brokoli, apel hingga delima. Namun umumnya semua buah dan sayur mengandung antioxidant hanya kadarnya saja yang berbeda

Mineral dan Vitamin

Moms, kesuburan dan keseimbangan hormone tubuh didapatkan dari kandungan mineral dan vitamin untuk tubuh. Komposisi dari zink, kalsium, selenium, vitamin E, A, C dan D, asam folat, dan zat besi bisa berfungsi untuk melancarkan siklus haid pada wkanita dan memperbaiki kualitas sperma pada laki-laki. Smoothies memudahkan untuk mendapatkan berbagai macam sumber nutrisi ini dalam bentuk yang menyenangkan dan lezat. Selain itu, karena smoothies bersifat cair, nutrisi lebih mudah diserap oleh pencernaan. Berbagai sumber mineral dan vitamin esential untuk kesuburan dapat kita temui dalam buah dan sayuran secara umum, kurma, almond, coklat dark, alpukat, bluebery, biji bunga matahari,

Serat

Serat adalah bagian penting dari diet sehat dan sangat penting untuk keseimbangan hormonal. Serat memiliki banyak manfaat dalam tubuh, namun khusus untuk detox, serat membantu tubuh menyingkirkan hormon berlebih dan membantu melarutkan lemak. Serat bekerja seperti sapu yang membantu mengeluarkan kelebihan hormon dan lemak dari tubuh. Serat juga penting untuk membantu proses pencernaan dan menjaga kadar gula darah seimbang.

Tambahkan  Superfood

Menambahkan superfood untuk kesehatan dan keseimbangan hormon akan menambah khasiat smoothies kita lho Moms. Ini adalah beberapa pilihan superfood yang bisa kita tambahkan kedalam smoothies.

  1. Brokoli
  2. Alpukat
  3. Sayuran hijau
  4. Yogurt
  5. Granola
  6. Kurma
  7. Madu dan royal jelly

Lets go moms, bikin smoothiesnya. Rasakan yang terbaik dengan smoothies yang sehat dan kaya gizi. Puasa dari makanan padat membuat tubuh bisa lebih focus dalam proses perbaikan dan keseimbangan system di dalam tubuh. Ingat juga ya kutipan Hippocrates, ‘Let food to the medicine and medicine be the food’. So, its your choice moms. Jangan lupa baca buku zupermom, dengan judul “Dua Insan Menanti”, komplit, lengkap dan jelas disitu moms.

Love,

Zupermom team