Ini Lho Moms Cara Program Hamil Yang Akurat

Conceive Dec 18, 2019

Banyak cara program hamil yang bisa jadi pilihan ya Moms. Tentunya butuh usaha, waktu, sabar dan doa demi mendapatkan momongan ya Moms and Dads. Beberapa pasangan mungkin bisa cepat hamil sementara yang lain butuh waktu lebih lama dan usaha yang lebih gigih. Jangan berkecil hati ya Moms and Dad. Masih banyak macam-macam cara program hamil yang bisa dilakukan.

Cara program hamil berfokus pada langkah yang bisa dilakukan dan dipersiapkan untuk mendapatkan bayi sehat pertumbuhan dan perkembangannya.

Kapan Kita Harus Serius Memikirkan Program Hamil?

Kita harus memikirkan program hamil secara serius atau segera periksakan ke dokter, ketika kita:

  • Moms and Dads telah mencoba melakukan hubungan secara teratur, selama lebih dari 1 tahun namun belum juga berhasil dan pada saat kita berusia <35 tahun. Disini catatannya tidak termasuk yang LDR ya Moms, karena berhubungan dengan teratur tanpa perpisah jarak dan terhalang KB yang jadi perhatian.
  • Moms and Dads telah mencoba berhubungan secara teratur lebih dari 6 bulan namun belum juga berhasil dan kita berusia lebih dari 35 tahun. Bukan termasuk LDR juga. Karena kita harus berpacu dengan waktu yang tersisa untuk hamil Moms.
  • Kita mengalami masalah kesuburan yang sangat terlihat semisal menstruasi sangat tidak teratur hingga nyeri yang cukup hebat pada rahim ataupun masalah dalam berhubungan lainnya.

Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Promil?

Berhenti KB Moms

Berhenti menggunakan alat kontrasepsi apapun. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan siklus menstruasi dan hormone tubuh menjadi normal kembali. Masing-masing jenis KB berbeda lho efeknya untuk kembali subur. Misalkan pil KB kita bisa kembali subur setelah melepasnya, sedangkan suntik KB akan membutuhkan waktu lebih lama Moms. Karena itu ketika tes prakonsepsi dokter akan menanyakan riwayat KB kita Moms.

Perhitungan masa subur yang tepat

Perhitungan ini sangat bermanfaat untuk mengetahui masa subur Moms. Sebaiknya pada masa ini kita maksimalkan hubungan intim dengan suami Moms. Karena saat masa subur sel telur kita akan dilepaskan, sehingga ini merupakan golden periods kita untuk hamil Moms. Kabar baiknya, saat masa subur kita akan mengalami peningkatan luteinizing hormone (LH) sehingga bisa dicek dengan alat tes masa subur dengan urine. Akan lebih baik kita mengkombinasikan aplikasi period tracker dan tes masa subur untuk memprediksi kemungkinan jendela subur kita Moms

Terapkan pola makan yang sehat

Perbanyak asupan nutrisi Moms. Seperti sayuran, buah, kacang, biji-bijian, makanan berprotein dan kaya zat besi. Jangan banyak makanan junkfood dan minuman bersoda, kafein dan gula. Makanan adalah sumber kesehatan kita dan penentu fungsi tubuh kta termasuk fungsi kesuburan kita Moms. Menjaga pola makan merupakan bagian penting dalam program hamil.

Tingkatkan gaya hidup sehat

Menjaga berat badan, olahraga teratur, berhenti merokok, berhenti minum alcohol dan melakukan vaksinasi merupakan beberapa piihan untuk tetap sehat selama program hamil Moms.

Konsumsi vitamin

Terdapat vitamin dan suplemen untuk peningkatan kesuburan. Vitaminnya B, C, D, E, zat besi dan zink. Saat pemeriksaan prakonsepsi atau promil, dokter akan memberikan kita suplemen vitamin jika diperlukan Moms

Lakukan Pemeriksaan Prakonsepsi

Setidaknya kita melakukan satu kali pemeriksaan kandungan sebelum hamil, sehingga mengetahui perjalanan program hamil dan kehamilan nanti secara tepat. Yang harus diperiksa :

  1. Data siklus menstruasi, pada tahap ini dilihat bagaimana siklus bulanan yang dialami, melakukan tanda pada masa subur dan melacak perkiraan ovulasi
  2. Kesehatan rahim, tuba dan ovarium
  3. Periksa hormone kesuburan
  4. Melakukan tes laboratorium yang diperlukan

Menghindari Kebiasaan Buruk

Untuk hamil, setidaknya kita harus menghindari beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, alkohol dan mengurangi kafein Karena beberapa kebiasaan itu sangat mempengaruhi kesuburan Moms.

Tips Berhubungan Untuk Program Hamil

Beberapa tips ini bisa dicoba Moms untuk meningkatkan peluang hamil, yaitu:

  1. Berhubungan secara teratur 2-3 hari sekali, agar  selalu ada sperma yang menunggu dalam saluran reproduksi
  2. Maksimalkan berhubungan saat masa subur (berhubungan setiap hari tidak akan menurunkan kualitas sperma), untuk menghindari salah prediksi masa subur
  3. Jangan pikirkan posisi terbaik untuk berhubungan
  4. Tetap berbaring dan ganjal dengan bantal 15-30 menit setelah berhubungan agar lebih banyak sperma yang masuk
  5. Hindari menggunakan lubrikan karena dapat membunuh sperma

Di atas beberapa contoh ceklist untuk momma supaya memudahkan kita mengingat program hamil yang dilakukan ya Moms (untuk lebih lengkapnya bisa dbaca di buku Dua Insan Menanti dari Zupermom ya, check this out), ada juga ceklist untuk Daddy.

Yuk moms. Fokus pada program di atas ya. semangat Moms.

Love,

Zupermom team