Apa Yang Harus Kita Lakukan Setelah Operasi Kista

Feb 18, 2020

Moms, memang adakalanya kista yang tumbuh itu bandel sehingga membuat dokter memilih operasi sebagai tindakan terbaik. Seperti kista yang ukurannya besar, kista yang jenisnya cukup berbahaya seperti kista dermoid ataupun kista yang berpotensi kanker. Kista seperti ini bisa merusak bentuk dan fungsi ovarium kita Moms. Jadi jangan takut atau kalut dulu Moms dengan operasi, karena mungkin itu pilihan terbaik untuk masalah kesehatan kita.

Nah yang terpenting itu apa yang harus kita siapkan dan lakukan setelah operasi Moms. Jadi proses penyembuhan bisa kita maksimalkan dan kita bisa meminimalkan efek sampingnya. Untuk itu zupermom merangkum tips yang bisa kita lakukan setelah operasi kista Moms. Apa saja?

🌿 Diet kaya Protein
Protein ini penting banget Moms untuk proses penyembuhan. Karena protein ini ibarat bahan bangunan untuk memperbaiki kerusakan jaringan kita setelah operasi. Jadi kita nggak boleh percaya mitos bahwa protein akan membuat luka operasi lama keringnya ya. Dan memang luka kalau mau sembuh itu pasti gatal, jadi pastikan kita tetap mengkonsumsi sumber protein yang tidak ada riwayat alergi dengan kita.

🌿 Diet kaya antioksidan
Antioksidan penting untuk mempercepat proses penyembuhan Moms. Jadi pastikan kita memgkonsumsi cukup sayur, buah dan buah kering seperti kurma dan kismis.

🌿Kompres Hangat atau Dingin
Kompres hangat akan memaksimalkan peredaran darah rahim Moms, jadi akan mempercepat penyembuhan. Kita bisa kompres dengan air hangat ataupun essential oil seperti ginger oil dengan fertility massage. Kita juga bisa konpres dingin pada area sekitar luka untuk menurunkan nyeri Moms.

🌿Tambahkan Herbal untuk Kista
Kita bisa menambahkan kunyit, jahe, zuriat baik untuk teh ataupun pijatan. Karena herbal tersebut kaya antiradang dan berpotensi menurunkan ukuran kista.

🌿 Jangan Lupakan Tidur
Tidur tang cukup sangat penting untuk proses penyembuhan, mencegah infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh kita Moms. Jadi pastikan kita tidur cukup setelah operasi ya 😉.

Nah Moms mudah kan ya apa yang harus kita lakukan. Yuk kita maksimalkan penyembuhan kista kita 😉

Love,
Zupermom team