Apa Bisa Melahirkan Normal Setelah SC?

Feb 20, 2020

Moms pernah denger nggak dokter bilang atau mitos kalau sekali SC seterusnya harus SC? Bener nggak sih Moms?

Nggak sepenuhnya bener ya Moms. Karena ternyata menurut persatuan dokter obgyn sebenarnya melahirkan SC berulang itu lebih beresiko daripada SC pertama. Nah, makanya dokter obgyn di luar negeri merekomendasikan VBAC atau Melahirkan normal setelah SC jika si ibu perpeluang untuk persalinan normal.

Terus apa saja nih yang membuat kita berpotensi untuk melahirkan normal setelah SC?

🌿Pernah Melahirkan Normal Sebelumnya
Jadi Moms jika kita pernah melahirkan normal sebelum SC, maka kita berpeluang bisa melahirkan normal kembali. Karena ini berarti jalan lahir kita tidak bermasalah, mungkin karena masalah kesehatan tertentu yang membuat kita harus SC.

🌿Riwayat SC Tidak Lebih dari 2 kali
Peluang robeknya rahim ketika melahirkan normal akan semakin tinggi jika kita pernah melahirkan SC lebih dari 2x. Karena dinding rahim tidak akan sekuat jika tanpa luka SC.

🌿Bekas Jahitan Melintang di Perut Bagian Bawah

Saat ini dokter lebih sering menggunakan sayatan melintang di perut bagian bawah. Hal ini akan membuat robeknya dinding rahim tidak akan terlalu besar. Sehingga membuat melahirkan normal setelah SC akan sangat mungkin. Dan hanya kurang dari 1% saja yang mengalami robeknya rahim saat melahirkan normal.
.
Dokter tidak akan berani menyarankan persalinan normal jika bekas luka SC kita memanjang dari atas ke bawah ataupun berbentuk huruf T terbalik. Karena tingginya kerusakan rahim yang kita punya dan dapat memicu robeknya rahim saat persalinan normal.

🌿Riwayat SC tidak kurang dari 18 bulan
Jika kita baru saja SC dan harus melahirkan kembali kurang dari 18 bulan maka dokter tidak akan berani menyarankan persalinan normal, karena resiko robeknya rahim dapat meningkat.

🌿Tidak ada alasan Kesehatan yang Membuat Kita harus SC
Ini penting Moms. Mengetahui alasan SC kita sebelumnya sangat menentukan apakah kita berpeluang melahirkan normal.

Jika kita SC akibat letak bayi sungsang, ketuban pecah terlebih dahulu ataupun karena plasenta menutupi jalan lahir maka peluang untuk persalinan normal akan lebih besar.

Namun jika alasan SC akibat jalan lahir yang sempit dan penyakit tertentu yang membuat kita harus SC maka peluang melahirkan normal akan sulit mOms.

Jenis persalinan adalah pilihan kita. Pastikan kita berkonsultasi pada dokter jika kita merasa punya kemungkinan untuk melahirkan normal. Yuk kita tentukan dengan BIjak Moms pilihan melahirkan kita. Agar persalinan minim trauma, ibu selamat bayi sehat 😘.

Love,
Zupermom team