5 Hal yang Harus Dihindari saat Progam Hamil

Conceive Jan 29, 2020

Moms ingin segera cepat hamil? Tentu salah satu usahanya dengan melakukan program hamil. Nah dalam program hamil ada beberapa hal yang Moms harus hindari saat progam hamil. Karena tidak bisa di pungkiri agar sukses dalam program hamil tidak hanya melakukan hal yang di wajibkan tapi harus menghindari hal yang di larang saat program hamil. Berikut ini daftarnya kami rangkumkan untuk Anda:

5 hal yang Harus dihindari saat Progam Hamil

1.   Merokok

Salah satu tahap yang harus dihindari saat progam hamil adalah merokok. Anda mungkin sudah berencana untuk berhenti merokok ketika hamil, tapi menghindari rokok saat program hamil akan memberi manfaat besar juga. Butuh waktu lebih lama bagi perokok untuk bisa hamil. Dan merokok membuat sel telur wanita lebih rentan terhadap masalah genetik yang abnormal.

Merokok juga meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan ektopik. Bahkan wanita perokok yang menjalani program bayi tabung harus mencoba dua kali lebih banyak dibanding wanita yang tidak merokok untuk bisa hamil. Pasangan Anda juga harus berhenti merokok. Pria yang merokok memiliki jumlah sperma dan mortalitas lebih rendah, serta lebih banyak sperma abnormal.

2.   Kafein berlebihan

Agar cepat hamil Anda tak perlu berhenti minum kopi di pagi hari. Tapi bila Anda mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein (sekitar satu hingga dua gelas ukuran 8 ounce) per hari, Anda perlu menguranginya.

Konsumsi kafein berlebihan terkait dengan masalah kesuburan. Dan ini harus dihindari saat progam hamil.Selain itu, kafein mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, bisa menyebabkan dehidrasi, dan pada dosis tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

3.   Makan sembarangan

Masih jadi perdebatan tentang makanan yang bisa membuat Anda lebih subur, tapi satu hal yang disepakati para ahli; bila tubuh berada di kondisi sehat, Anda lebih mungkin untuk hamil.

Jadi makan dengan benar merupakah hal yang sangat penting. Alasan penting untuk tidak makan gorengan dan memperbanyak makan bayam adalah karena asam folat. Vitamin B ini ditemukan pada sayuran hijau gelap dan penting bagi tubuh sebelum dan setelah hamil untuk mencegah cacat lahir.

Dokter menganjurkan Anda minum vitamin dengan kandungan setidaknya 400 mikrogram asam folat ketika menjalani program hamil.

4.   Konsumsi alkohol

Alkohol juga menjadi hal harus dihindari saat progam hamil. Anda perlu hindari alkohol ketika menjalani program hamil. Ini karena alkohol terkait dengan menstruasi yang tidak teratur, ovulasi berkurang, dan tingkat estrogen dan progesteron yang abnormal yang membuat lebih sulit untuk hamil.

Alasan lain kenapa Anda perlu menghindari alkohol adalah untuk mengurangi kemungkinan sindrom alkohol janin. Beri tahu pasangan untuk membatasi konsumsi alkohol juga. Ada bukti ilmiah kalau konsumsi alkohol bisa mempengaruhi kesuburan pria.

5.   Berat badan berlebih

Apakah berat badan Anda berlebih atau justru sangat kurang? Hitung indeks massa tubuh Anda. Memiliki indeks massa tubuh yang rendah (kurang dari 18,5) atau sangat tinggi (lebih dari 30) bisa menyebabkan Anda mengalami menstruasi  yang tidak teratur atau terhenti.

Berat badan yang sangat kurang membuat Anda berhenti berovulasi. Obesitas bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeklampsia, cacat lahir, dan kemungkinan operasi caesar. Jadi penting untuk berada di berat badan yang sehat agar cepat hamil.

Bila Anda mengalami obesitas atau berat badan sangat kurang, bicara pada dokter tentang bagaimana cara memperoleh berat badan yang sehat. Anda perlu makan dengan benar, memperoleh banyak nutrisi, berolahraga, dan banyak minum air putih. Sering kali, penambahan berat atau penurunan berat sedikit saja sudah cukup untuk bisa hamil, selama dilakukan dengan cara yang sehat.

Naah itu hal yang harus dihindari saat progam hamil ya moms. Agar sukses dalam program hamilnya Anda perlu memperhatikan hal ini.

Love,

Zupermom team