5 Cara Mudah Mempersiapkan Suami untuk Program Hamil

Feb 22, 2020

Moms, masalah program hamil tidak hanya selalu menjadi masalah istri ya. Karena pembuahan terjadi ketika sel jantan dan betina bersatu. Jadi kalau ada masalah pada kualitas sel jantan suami pastilah program hamil juga akan mengalami masalah kan.

Banyak ya Moms masalah kesuburan suami ini, mulai dari jumlah sel jantanya sedikit atau biasa kita sebut oligozoospermia. Kecepatannya yang lambat atau tidak bisa bergerak lurus atau sering kita sebut asthenooospermia. Hingga memang bentuknya yang tidak normal atau biasa disebut teratozoospermia. Untuk mengetahui penyebab kelainan ini bisa check di postingan zupermom sebelumnya ya Moms.

Nah sekarang apa ya yang harus dilakukan suami agar kesuburannya terjaga?

1️⃣ Detox Kesuburan
Racun, polusi, makanan dan paparan plastik pada pria dapat menyebabkan masalah pada sel jantan termasuk kelainan DNA yang menyebabkan keguguran. Nah Moms pastikan suami kita melakukan DEtox untuk membuang racun, hormon estrogen berlebih dan zat sisa yang dapat memperburuk kesuburannya. Untuk detox bisa cek postingan tentang Fertility Detox yang ada di bawah ya Moms.

2️⃣ Jaga Kesehatan Sel Jantan
Kita harus tahu betul bahwa sel jantan mudah stress dan mati, sehingga kita harus mampu menjaganya dalam lingkungan yang sehat. Pastikan suami kita tidak terlalu lama membawa HP pada saku celana, tidak meletakkan laptop pada pangkuannya saat bekerja, tidak memakai celana yang terlalu ketat, terlalu banyak mengkonsumsi lemak jenuh hingga pastikan menghindari konsumsi alkohol dan rokok.

3️⃣ Konsumsi Makanan Kesuburan untuk Pria
Makanan adalah sumber pembentukan sel jantan dan makanan untuk menjaga kesehatannya. Jadi pastikan suami kita mengonsumsi sumber zink seperti biji wijen & labu. Sumber folate seperti bayam, kurma dan pistachio. Sumber vitamin C seperti jeruk, strawberry hingga pepaya. Serta mineral lain seperti L-carnitin pada kacang-kacangan.

4️⃣ Jaga Keseimbangan Hormon
Kurang tidur telah diteliti dapat mengacaukan hormon testosteron. Pastikan istirahat cukup dan tambahkan herbal yang dapat menjaga keseimbangan hormon seperti zuriat, ginseng ataupun maca root.

5️⃣ Jaga Libido
Libido adalah salah satu tanda kesuburan suami kita Moms. Jadi pastikan konsumsi makanan tinggi lemak sehat seperti kacang-kacangan. Serta konsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan libido seperti pistachio, pisang, alpukat, coklat & buah tin Dan kita bisa meningkatkan libido dengan aroma therapi seperti rose oil.

Menjaga kesuburan adalah investasi penting untuk keberhasilan program hamil Moms. Karena memiliki momongan adalah tanggung jawab bersama kan? 😉

Love,
Zupermom team