4 Langkah Mengembalikan Siklus Macet

Jan 28, 2020

Bulan ini dapet, eh bulan depan kok nggak dapet ya? Atau sekalinya dapet cuma flek aja? Jadi buat galau kan ya Moms tiap bulannya. Nah ini lho Moms yang kita sebut dengan siklus tidak teratur atau bahasa medisnya amenorea.

Penyebabnya banyak banget, sudah sering ya kita bahas bisa scroll down saja ya Moms. Penyebab ini bisa mulai dari Berat Badan, kurang nutrisi, masalah hormon hingga penyakit lainnya.

Nah apa saja ya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi macetnya ini?

🌿Fertility Detox
Detox ini penting banget sebagai langkah awal menyeimbangkan hormon. Terkadang tubuh kita ini sudah overload Moms. Akhirnya dikasih obat apapun tidak maksimal meresponnya. Untuk itu diperlukan detox agar tubuh kita bisa direfresh kembali. Kelebihan hormon, racun bahkan radikal bebas bisa dibuang.

Caranya? sudah pernah zupermom bahas di Detox dan kesuburan ya. Langsung deh dibaca 😘.

🌿Nutrisi & Hidrasi
Nah ini penting ya Moms memastikan kita cukup nutrisi, terutama vitamin dan mineral yang bisa mengacaukan hormon seperti zat besi, zink, vitamin B dan vitamin C. Bisa baca di postingan sebelumnya tentang nutrisi dan siklus kita ya Moms agar lebih jelas dan tuntas 😘.

🌿Seimbangkan Hormon
Nah setelah kita detox dan memastikan nutrisi kita cukup, kita bisa menggunakan herbal maupun essential oil yang mempunyai efek emmenagogue. Apa sih ini? Ini adalah efek untuk meningkatkan estrogen, memaksimalkan peredaran darah ke rahim, memicu kontraksi dan akhirnya menstruasi.

Kita bisa gunakan teh herbal seperti vitex, daun raspberi hingga kurma muda Moms. Untuk pijat kita bisa pakai essential oil seperti spearmint, pepermint, clary sage dan rose oil. Untuk pijat kesuburan sudah pernah kita share ya MOms di bagian fertility massage. Jadi bisa langsung praktek deh nanti 😘

🌿Terakhir turunkan Stress
Ini wajib banget Moms. Karena stress akan membuat tubuh kita berhenti memproduksi hormon kesuburan karena dianggap tidak begitu penting. Jadi pastikan kita jauh-jauh dari stress ya. Kita bisa coba relaksasi dengan aromatherapy seperti lavender, ylang-ylang ataupun camomile agar lebih rileks.

Nih sudah dapat panduannya tinggal prakteknya saja nih. Paling tidak kita butuh 12 minggu ya untuk mengatur siklus ini. Jadi butuh ketlatenan dan kesabaran ya Moms.

Love,
Zupermom team😘