4 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Selama Menjalani Program Hamil

Conceive Feb 01, 2020

Moms ingin sekali hamil atau berencana melahirkan pada momen tertentu? Nah, kami akan memberikan beberapa trik yang dapat membantu Anda memiliki peluang besar agar cepat hamil. Tapi ada satu hal penting, pastikan Anda mulai mengonsumsi asam folat secara rutin sebulan sebelum program hamil karena ini akan mengurangi risiko cacat lahir.

Lalu bagaimana caranya agar cepat hamil? Daripada penasaran, simak penjelasan tentang tips cepat hamil berikut ini ya Moms..

1.    Persiapkan Tubuh Anda

Moms memiliki kemungkinan lebih besar untuk hamil bila tubuh Anda telah siap. Untuk mengetahui apakah tubuh Anda berada pada kondisi yang tepat, jadwalkan pemeriksaan sebelum proses pembuahan dengan dokter atau bidan. Mengambil langkah ini sesegera mungkin dapat membantu Anda hamil lebih cepat.

2.    Ketahui Kapan Masa Ovulasi Anda

Rahasia untuk bisa segera hamil adalah dengan mengetahui kapan masa ovulasi Anda terjadi. Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur dari indung telur. Sel telur ibarat mata sasaran dan sperma adalah panahnya. Agar kehamilan terjadi, salah satu panah harus tepat berada di mata sasaran.

Kebanyakan wanita melepaskan sel telur sekali pada tiap siklus menstruasi. Hanya pada beberapa hari saja di luar siklus tersebut yang benar-benar memiliki peluang kehamilan setelah berhubungan badan.

Dengan mengetahui kapan masa ovulasi terjadi, Anda dan pasangan dapat merencanakan anak panah untuk berada tepat pada mata sasaran. Ini lebih baik ketimbang hanya dengan menembakkan banyak anak panah ke segala arah dan berharap ada yang mengenai target.

Moms bisa mengetahui kapan masa ovulasi dengan menggunakan beberapa metode berbeda. Menentukan kapan waktu ovulasi menjadi sulit bila Anda memiliki periode menstruasi yang tidak teratur selama beberapa bulan. Pada kondisi ini Anda memerlukan saran terbaik dari dokter.

3.    Berhubungan Intim di Waktu Yang Tepat

Setelah mengetahui kapan sel telur terlepas dari indung telur, tips cepat hamil berikutnya adalah merencanakan hubungan intim pada hari-hari paling subur Anda. Masa subur dimulai dari tiga hari sebelum masa ovulasi dan tiga hari setelahnya. Mulai melakukannya sedikit lebih awal juga tidak mengapa.

Beberapa wanita terbukti hamil setelah melakukan hubungan intim enam hari sebelum masa ovulasi. Anda memiliki beberapa hari untuk program hamil karena sperma bisa bertahan selama lima hingga enam hari di tubuh Anda. Sel telur hanya bisa bertahan selama sehari saja. Itu artinya bila Anda berhubungan intim di hari Senin, sperma bisa bertahan di ovarium hingga hari Kamis atau bahkan hingga Sabtu.

Jika Anda tidak yakin tentang kapan masa subur Anda, ada dua langkah yang bisa dilakukan. Yang pertama, lakukan hubungan intim setiap dua hari sekali. Berhubungan intim sesering ini berarti Anda akan mendapatkan sperma yang sehat yang menunggu di dalam ovarium setiap hari.

Sperma ini siap untuk bersemi kapan saja ketika sel telur dilepaskan. Tidak masalah jika Anda ingin berhubungan intim lebih dari dua hari sekali. Hal ini memang tidak membuat Anda bisa lebih cepat hamil, tapi juga tidak merugikan Anda.

Langkah kedua, jika Moms dan pasangan menunggu hingga hari paling subur untuk berhubungan intim, pastikan jangan terlalu lama. Pasangan Anda harus mengalami ejakulasi setidaknya sekali di hari-hari sebelum hari paling subur Anda. Jika tidak, akan ada risiko kematian sperma. Sperma yang mati tidak bisa membuat Anda hamil.

4.    Siapkan Sperma Dengan Kualitas Terbaik

Perlu moms ketahui bawhwa saat sperma memiliki kualitas terbaik bila dalam kondisi sehat, kuat, dan banyak. Hal ini menjadi penting saat Anda dalam program hamil. Ada beberapa hal yang dapat membuat pasangan Anda memperoleh persediaan sperma yang berkualitas:

o    Hindari alkohol. Penelitian menunjukkan konsumsi alkohol setiap hari dapat mengurangi tingkat testosteron dan jumlah sperma. Selain itu akan terjadi juga peningkatan jumlah sperma yang tidak bagus.

o    Jauhi tembakau dan obat-obatan, karena dapat menyebabkan fungsi sperma yang buruk.

o    Hindari mandi air panas, sauna, atau mandi uap. Suhu panas dapat membunuh sperma. Testis berfungsi sangat baik di suhu 94 – 96 derajat Fahrenheit (34 – 35.5 derajat Celsius). Suhu ini beberapa derajat lebih dingin dari suhu tubuh normal.

o    Makan makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup seperti zat besi, asam folat, kalsium, serta vitamin C dan D yang bisa membantu menghasilkan sperma yang banyak dan kuat.

Akan lebih baik bila pasangan Anda segera mengubah gaya hidupnya jadi lebih sehat. Sperma membutuhkan waktu untuk berkembang, jadi perubahan yang pasangan Anda lakukan hari ini akan menghasilkan sperma yang lebih baik untuk sekitar tiga bulan dari sekarang.

Nah itu hal penting  yang bisa Anda lakukan saat program hamil moms. Semoga sukses ya program hamil dan mendapat momongan yang diidamkan ya moms.

Love,

Zupermom team