4 Cara Membuat Anak yang tepat, Buat yang Mau Cepat Hamil

Conceive Jan 28, 2020

Menanti kehadiran buah hati di dalam rahim memang moment yang paling mendebarkan bagi setiap perempuan yang sudah menikah. Dan sangatlah beruntung bagi pasangan yang baru menikah, lalu bisa hamil setelah 1-2 bulan menjalani rumah tangga. Karena tidak sedikit pula Moms yang butuh waktu lama menunggu hasil testpack positif. Hal itu bisa terjadi karena berbagai sebab moms, misalkan karena gangguan pada organ reproduksi dan fertilitas, cara membuat anak yang tidak tepat, atau riwayat penyakit lainnya.

Tentu, Moms pasti tahu bahwa berhubungan intim adalah hal mendasar  dari cara membuat anak yang tepat. Tapi ternyata, upaya  agar Moms cepat hamil tidak hanya soal hubungan seksual saja lho. Lebih dari itu, sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada cara membuat anak supaya Moms cepat hamil. Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi cepat atau tidaknya terjadi kehamilan, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara membuat anak dengan tepat agar Moms segera hamil seperti berikut ini ya..


1. Rencanakan Kehamilan

Salah satu faktor mendasar dalam perencanaan kehamilan adalah kesepakatan Moms dengan pasangan.  Memang tidak ada yang pasti dalam setiap rencana yang dibuat, namun ketika kehamilan yang Moms dan pasangan inginkan terjadi, semua akan lebih mudah saat berjalan sesuai rencana.

Mempersiapkan kehamilan bukan hanya sekadar menyiapkan fisik, namun Moms juga perlu memikirkan dengan pasangan soal kesiapan mental, memilih dokter kandungan dan rumah sakit yang tepat, urusan keuangan dan jaminan kesehatan, hingga hal-hal paling mendasar seperti pembagian tugas rumah tangga saat Moms hamil nanti.

Selain mempelajari cara membuat anak yang tepat, mempertimbangkan soal usia juga penting. Usia juga ikut andil dalam menentukan peluang terjadinya kehamilan. Sebuah studi dalam Journal of Family and Reproductive Health memaparkan bahwa usia ideal dan risiko kecil bagi Moms untuk merencanakan kehamilan adalah sekitar 20-30 tahun.

2. Periksa Kondisi Fertilitas ke Obgyn Terpercaya

Sudahkah Moms memilih dokter kandungan terpercaya? Salah satu tahap ini bisa dibilang susah-susah gampang. Biasanya, Moms cenderung lebih memilih dokter kandungan kompeten yang lugas dan tidak membuat panik dengan penjelasan yang cukup dimengerti. Tentu memilih dokter kandungan kali ini sangat penting ya, Moms.

Dokter akan memeriksa peluang fertilitas pada Anda maupun pasangan. Terutama jika usia Anda di atas 35 tahun, karena usia memengaruhi tingkat fertilitas Anda dan pasangan.

Di samping itu, risiko terhadap Anda maupun janin lebih besar daripada Bunda berusia sekitar 20-30 tahun, seperti dilansir pada theguardian.com. Karena saat kehamilan yang Moms tunggu-tunggu membuahkan hasil, dokter tersebut yang akan membantu Anda dalam menjalani kehamilan selama sembilan bulan bahkan menangani saat persalinan.

3. Mulailah Menghitung Siklus Menstruasi

Selain memperhatikan cara membuat anak yang tepat, Moms perlu menghitung dengan cermat siklus menstruasi setiap bulannya. Hal ini memudahkan Moms untuk menandai kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim dengan pasangan di saat masa subur berlangsung. Tanpa mengetahui masa subur Moms, kehamilan akan lebih sulit diprediksi meskipun cara membuat anak yang Moms lakukan sudah tepat.

Mengapa mengetahui masa subur sangatlah penting? Saat Moms berada di masa subur ini, itu berarti organ reproduksi Moms sedang bersiap untuk ovulasi, yaitu ketika ovarium akan mengeluarkan sel telur setiap bulannya. Moms.. dengan siklus menstruasi akan lebih mudah menandai kapan prediksi ovulasi berlangsung. Sementara pada beberapa ibu dengan siklus menstruasi tidak teratur lebih sulit diprediksi.

Moms bisa  juga  menggunakan perkiraan terjadinya ovulasi 12 sampai 16 hari sebelum dimulainya periode berikutnya.  Seperti dikutip dari The American Pregnancy Association, sel telur yang dihasilkan ovarium saat masa subur Moms hanya bertahan selama 12-24 jam setelah dikeluarkan. Sangat singkat bukan?

Oleh karena itu, mengetahui masa subur untuk memprediksi ovulasi ini sangat penting di samping memadukannya dengan cara membuat anak yang tepat.

4. Pahami Tanda-Tanda Ovulasi

Salahs satu hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan pada cara membuat anak yang tepat adalah membaca tanda-tanda ovulasi. Moms harus memahami perubahan tubuh Moms sendiri.  Ternyata, tubuh Moms juga menunjukkan tanda-tanda ovulasi selama masa subur lho..

Beberapa Moms mungkin menyadari adanya perubahan pada masa ini, namun belum memahami apakah itu tanda-tanda ovulasi. Setelah mencapai kematangan dalam salah satu ovarium, sel telur kemudian dilepas dan dengan cepat dihisap oleh tuba fallopi terdekat untuk selanjutnya menuju rahim yang disebut ovulasi.

Inilah saat terbaik untuk melakukan cara membuat anak yang tepat. Jika sel telur Moms bertemu dengan sperma yang sehat dalam perjalanan menuju rahim, keduanya akan bergabung sehingga terjadi konsepsi. Menstruasi tidak terjadi dan itu artinya Moms telah hamil.

Naah... Setelah membaca berapa tips di atas, sudah siapkah Moms merencanakan kehamilan?

Love,

Zupermom team