4 Cara Cepat Hamil, Mulai Dari Hidup Sehat Hingga Hubungan Intim

Conceive Jan 28, 2020

Setelah membuat sebuah keputusan besar untuk membina rumah tangga, mungkin Moms tidak ingin menunggu lama untuk memiliki anak bukan.. . Bila ini yang terjadi, mulailah lakukan perencanaan sekarang juga. Ini karena cara cepat hamil tidak hanya dengan berhubungan intim di waktu yang tepat, tapi Moms juga harus menciptakan kondisi yang tepat.

Nah, khusus buat Moms atau calon Moms yang ingin cepat hamil, berikut ini cara cepat hamil yang bisa Anda dicoba:



1.    Cara cepat hamil dengan menerapkan gaya hidup sehat

Bila Moms ingin tahu bagaimana meningkatkan kemungkinan untuk hamil, merawat diri jadi salah satu cara cepat hamil yang paling utama. Bukan rahasia lagi kalau tubuh melewati perubahan dan tantangan besar selama kehamilan dan persalinan, jadi pastikan untuk memulai kehamilan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini beberapa tips kesehatan sederhana untuk cepat hamil yang wajib diperhatikan ya Moms:



o    Temui dokter kandungan dan dokter gigi

Dokter kandungan atau bidan bisa memeriksa kesehatan Anda dan memberi saran tentang perubahan gaya hidup yang dMomstuhkan agar Moms cepat hamil.

o    Berolahraga

Olahraga juga menjadi cara yang tepat untuk mempersiapkan tubuh menghadapi kehamilan. Olahraga sederhana, seperti jalan kaki singkat, yang dilakukan setiap hari sudah cukup lho untuk meningkatkan detak jantung dan membuat kesehatanMoms jadi lebih baik.

o    Perbaiki pola makan

Banyak pasangan yang menjalani cara cepat hamil dengan memperbaiki pola makan dan kemudian berhasil hamil meski telah mengalami kesulitan. Ini karena beberapa makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan yang menyebabkan penyakit dan peradangan.

Tak hanya itu, beberapa makanan yang kita makan juga bisa menyebabkan hormon tidak seimbang, termasuk hormon kunci kesuburan.

o    Tidur yang cukup dan hindari stres

Kurang tidur tidak hanya membuat libido rendah dan membuat tubuh tidak berenergi, peneliti juga menemukan fakta kalau pria yang kurang tidur juga berisiko mengalami masalah kesuburan dibanding pria yang punya waktu tidur cukup.

o    Mulai minum vitamin kehamilan

Tak ada kata terlalu dini untuk mulai minum vitamin Moms hamil. Di antara nutrisi penting lainnya, vitamin Moms hamil yang mengandung asam folat telah terbukti di banyak penelitian sangat penting untuk bayi pada tiap tahap perkembangannya. Vitamin kehamilan membantu ovulasi, mendorong fertilisasi, dan mendukung daya tahan embrio.

o    Jangan merokok

Merokok bisa mempengaruhi kemungkinan untuk cepat hamil. Merokok bisa meningkatkan risiko keguguran dan kehamilan ektopik. Merokok dapat menurunkan tingkat estrogen secara signifikan yang membuat kemungkinan ovulasi menjadi lebih sedikit dan berefek juga pada siklus menstruasi yang berpotensi mempengaruhi kehamilan.

o    Awasi konsumsi kafein

Seorang calon Moms tidak perlu sepenuhnya berhenti mengonsumsi kafein. Ngopi-ngopi boleh saja kok tapi batasi hingga satu atau dua gelas saja per hari. Terlalu banyak kafein bisa memicu masalah kesuburan lho moms.



2.    Berhenti gunakan alat kontrasepsi

Salah satu cara cepat hamil, Sudah pasti perlu berhenti menggunakan alat kontrasepsi KB. Nah, setelah berhenti KB, kesuburan Moms tidak serta merta langsung kembali. Ini bergantung jenis KB yang digunakan.

Bila Moms menggunakan kondom, kemungkinan hamil akan makin besar saat Moms berhenti menggunakannya. Begitu pula dengan penggunaan IUD , tidak butuh waktu lama sampai masa subur kembali normal setelah IUD diangkat. Tapi untuk Moms yang menggunakan alat kontrasepsi KB hormonal, Moms akan butuh waktu lebih lama sampai tubuh kembali normal.

Jika Moms sudah menggunakan KB untuk waktu sangat lama, siklus kesuburan mungkin tidak akan langsung kembali normal. Moms bisa mengalami menstruasi yang tidak teratur selama beberapa bulan. Biasanya yang menggunakan pil KB butuh sekitar 6 hingga 8 minggu sampai siklus bulanannya kembali normal.

3.    Mengetahui waktu ovulasi

Cara cepat hamil berikutnya adalah dengan mengetahui kapan waktunya berovulasi atau mencari tahu kapan tubuh berada dalam kondisi paling subur. Ini menjadi kunci untuk bisa cepat hamil. Menentukan waktu ovulasi tidak selalu mudah, tapi ada beberapa cara untuk mengetahui masa ovulasi.

4.    Cara Cepat Hamil dengan menjadwalkan sesi berhubungan intim dengan baik

Ketika berusaha cepat hamil, Moms bisa melakukan hubungan intim kapan saja. Tapi seperti hal lainnya, yang terlalu berlebihan bisa berakibat buruk. Para ahli mengatakan cara cepat hamil yang terbaik adalah dengan melakukan hubungan intim sekali sehari, tiap dua hari, selama waktu subur tepat sebelum dan setelah ovulasi. Bila Moms melakukan hubungan intim terlalu sering, jumlah sperma pasangan bisa menurun dan tidak bisa berenang dengan cepat.

Berapa lama waktu yang Moms butuhkan untuk melakukan cara cepat hamil ?

Pada pasangan dengan kondisi sehat yang sering berhubungan intim tanpa perlindungan biasanya butuh waktu paling lama satu tahun sampai berhasil hamil. Berdasarkan sebuah penelitian, sebanyak 38 persen wanita berhasil hamil setelah satu bulan, 68 persen hamil setelah 3 bulan, 81 persen hamil setelah 6 bulan, dan 92 persen hamil setelah 12 bulan.

Bila Moms berusia di awal 30-an atau lebih muda dan suami dalam kondisi sehat, tak masalah untuk secara aktif mencoba hamil selama satu tahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Jadi tidak perlu buru-buru konsultasi pada dokter kandungan atau spesialis kesuburan.

Berhubung kesuburan menurun seiring pertambahan usia, Moms yang berusia lebih dari 35 tahun membutuhkan bantuan ahli kesuburan jika pada bulan keenam masih belum juga hamil. Semakin dini Moms bertemu dokter, semakin besar pula kemungkinan untuk untuk hamil lebih cepat.

Beberapa penyebab masalah kesuburan biasanya semakin memburuk seiring waktu. Dan jika kita terlalu lama menunda untuk berkonsultasi ke ahli kesuburan, kemungkinan untuk bisa mengatasi masalah  kesuburan akan semakin menurun.

Jangan menyalahkan diri sendiri bila Moms tidak hamil ya... . Masalah kesuburan adalah hal yang wajar, 1 dari 8 pasangan mengalami kesulitan hamil. Dan jangan berasumsi bahwa Moms saja yang bermasalah. Kesulitan hamil bisa disebabkan oleh wanita, pria, atau bisa juga karena gabungan dari beberapa faktor. Bila usaha untuk mencoba hamil membuat Moms stres, bicaralah pada teman atau anggota keluarga yang bisa dipercaya atau bergabunglah dengan komunitas sesama Moms.. agar bisa berbagi cerita dengan orang yang memiliki pengalaman yang sama..

Love,

Zupermom team